Rencana Integrasi RTRW dan RZWP3K, Ansar Ahmad Temui Menteri ATR/BPN

Jakarta, cMczone.com – Untuk mempercepat proses pengintegrasian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau–Pulau Kecil (RZWP3K) di Kepulauan Riau (Kepri) sebagai amanat UU Cipta Kerja dan PP 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, menemui dan berkonsultasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Sofyan A Djalil, di Jakarta, Jumat (7/5/2021). 

Ansar ketika ditemui wartawan seusai pertemuannya dengan Menteri ATR mengatakan, bahwa pihaknya juga sekaligus meminta dukungan untuk rencana perpanjangan landasan Bandara Raja Haji Abdullah di Karimun yang diawali dengan penerbitan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

“Kita sengaja konsultasi dan minta arahan ke Menteri ATR, agar rencana pengintegrasian RTRW dan RZWP3K di Kepri tidak menjadi kendala dalam proses perizinan yang diperlukan berkaitan dengan berbagai proyek strategis Kepri, antara lain pengembangan Bandara Raja Haji Abdullah, pembangunan Bandara Busung, Pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat Siantan, pembangunan pelabuhan Samudera Natuna dan lain-lain,” jelas Ansar.

Lebih lanjut dikatakan Ansar, bahwa dalam PP Nomor 21 tahun 2021 tentang Perencanaan Tata Ruang memuat beberapa perubahan dari peraturan sebelumnya, salah satunya perihal wacana integrasi tata ruang atau One Spatial Planning Policy.

Dalam terobosan kebijakan terbaru tersebut, kata Ansar, nantinya penataan ruang akan meliputi ruang darat, ruang laut, ruang udara dan ruang dalam bumi sebagai satu kesatuan penataan ruang.

Baca Juga :   Safari Subuh: Ansar Ahmad Serahkan Hibah 3 Unit Mobil Ambulance

“Dengan meminta arahan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang, kita sangat berharap Perda tentang RZWP3K yang terintegrasi dengan RTRW bisa kita selesaikan secepatnya,” pungkas Ansar.

Dalam pertemuan dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI tersebut, ikut hadir Asisten II Syamsul Bahrum, Staf Khusus Gubernur Bidang Hukum Sarafudin Aluan, Kepala Dinas PUPR Abu Bakar, Kepala Dinas Perhubungan Junaidi dan Plt Kepala Biro Pemerintahan M Darwin.

Sementara itu dalam pertemuan tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh Abdul Kamarzuki selaku Direktur Jenderal Tata Ruang, Dwi Hariyawan yang merupakan Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional serta Reny Windyawati selaku Direktur Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I.

Baca Juga :   Indahnya Berbagi Dibulan Suci Ramadhan Penuh Berkah, IKM Geragai Bagikan Takjil

Editor : Budi Adriansyah