Viral Bipang Ambawang disebut Sebagai Oleh-Oleh Lebaran

Viral Bipang Ambawang disebut Sebagai Oleh-Oleh Lebaran
Viral Bipang Ambawang disebut Sebagai Oleh-Oleh Lebaran

cmczone.com–Pidato Presiden Joko Widodo soal babi panggang (Bipang) Ambawang viral. Jokowi sebut Bipang Ambawang sebagai oleh-oleh, masuk Google Trends dan Trending Topic di Twitter.

Melalui media sosial Instagram, pemilik usaha Bipang Ambawang asal Pontianak, Kalimantan Barat, ini menanggapi pernyataan Presiden Jokowi untuk oleh-oleh lebaran.

“Sebuah kebanggaan kami dapat disebut oleh bapak Presiden Jokowi dalam pidato tadi malam,” tulis akun Bipang Ambawang yang langsung disambut ribuan like dan ratusan komentar.

Tak cukup sampai di situ, Bipang Ambawang sebagai sebuah perusahaan produk langsung melakukan promosi bisnis. Mereka bagi-bagi hadiah lewat aksi give away dengan dalih followers mencapai 10 ribu pada Rabu (5/5).

Baca Juga :   kinerja Polres Labuhanbatu Akhirnya Membuahkan Hasil , 2 Pembunuh Wartawan Berhasil Diciduk .

Bipang Adalah
Bipang sendiri merupakan makanan yang bahan utamanya adalah daging babi muda. Karena cita rasanya yang khas, bipang akhirnya dikemas dan dijadikan makanan oleh-oleh di Pontianak.

Baca Juga : Satu Tempat Ada Semua, Belanja Bak Wisata di Outlet Oleh-Oleh Jambi

Dalam pidatonya, presiden mengimbau masyarakat yang tak bisa pulang kampung tapi ingin jajanan khas daerah, untuk belanja online. Dalam imbauan itu, melansir CNNIndonesia, presiden menyebut nama bipang ambawang Kalimantan.

“Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga :   Kamla Batam Terima Mobil Operasional dari Pemprov Kepri

“Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, pempek Palembang, bipang ambawang Kalimantan dan lain-lain, tinggal pesan dan makan kesukaan akan sampai di rumah,” ujarnya.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman pun ikut meramaikan kata ‘bipang’. Melalui media sosial Twitter, mantan aktivis ini berkicau soal jipang dan bipang, dua makanan beda jenis

Karena menjadi representasi istana atau Presiden Jokowi, meski tak ada nada membantah, kicauan Fadjroel mendapat tanggapan negatif. Netizen menyerangnya dengan beragam kalimat dan hujatan, dari yang sopan hingga yang kasar.

“Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya. Nuhun,” tulis Fadjroel pada Sabtu (8/5).

Baca Juga :   Diduga TKA Asal China Diam - Diam Masuk RAPP

Sementara pantauan awak media, pernyataan Bipang ini menduduki peringkat pertama Google Trends, Sabtu 8 Mei 2021. Sementara itu di Twitter, menjadi trending topic dengan beberapa kata.