Besok, Ansar Ahmad Akan Sambut 146 PMI dari Malaysia di Pelabuhan SBP

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Sebanyak 146 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Malaysia direncanakan besok akan dikirim pulang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Selasa (11/5/2021). 

Selanjutnya, setiba di Tanjungpinang mereka akan dibawa ke Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) di Senggarang dan ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Jalan Nusantara KM 11 Tanjungpinang.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Arif Fadilah mengatakan, bahwa dari 146 PMI tersebut sebanyak 116 dibawa ke RPTC dan 30 orang PMI ke BP2MI.

“Mereka akan kita jemput dengan bus khusus dan dibawa ke tempat penampungan. Penangan standar PMI tetap kita jalankan untuk antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan termasuk masalah pencegahan Covid-19,” kata Arif, Senin malam (10/5/2021).

Baca Juga :   DPW Pekat IB Jambi Minta Menteri Perhubungan RI Copot Kepala KSOP Kelas III Talang Duku Dari Jabatannya

Para PMI yang datang melalui pintu Pelabuhan SBP Tanjungpinang tersebut diberangkatkan dari Pelabuhan Pasir Gudang Johor, Malaysia, dengan kapal MV Citra Indah 99 dan diperkirakan tiba di Tanjungpinang pada pukul 14.15 WIB.

“Direncanakan besok Pak Gubernur akan menyambut kedatangan PMI tersebut. Pak Gubernur ingin memastikan mereka ditangani dengan baik,” ungkap Arif.

Sebelum dibawa ke RPTC dan BP2MI, para PMI akan dilakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), pasport dan barang bawaan.

“Pemeriksaan PCR untuk memastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak. Sesuai arahan Gubernur, kalau ditemukan ada yang positif Covid-19 maka akan langsung dilakukan perawatan dan isolasi di RSKI Pulau Galang” jelas Arif.

Baca Juga :   Apel Gelar Pasukan Ops. Zebra Krakatau 2019 Polres Lampung Selatan

Penanganan khusus bagi PMI, kata Arif, untuk mencegah agar pemulangan PMI tidak memunculkan cluster baru penyebaran Covid 19 di Kepri.

“Tim medis, Satgas dan pihak terkait kita kerahkan, agar penanganan pemulangan PMI ini berjalan dengan baik,” pungkas Arif.

Editor : Budi Adriansyah