Airlangga Hartarto : Kepri Miliki KEK Terbanyak di Indonesia

Batam (Kepri), cMczone.com – Pemerintah Pusat melalui Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa menjadi percontohan dan mercusuar digital ekonomi untuk nasional dan mancanegara. 

Untuk mencapai target tersebut, Airlangga didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi, menyerahkan Peraturan Pemerintah (PP) No.68 Tahun 2021 Tentang Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa sebagai kepastian hukum untuk melakukan berbagai kegiatan investasi di wilayah KEK Nongsa, Sabtu (12/6/2021).

“Dengan dikeluarkanya kepastian hukum untuk KEK Nongsa, maka Pemerintah Pusat memberikan target pada KEK Nongsa sebesar 4 miliar dolar Amerika. Berbagai sektor pendukung untuk itu sudah tersedia, selain sudah memenuhi persyaratan green energi, juga ada apple akademi sebagai IT akademi, fasilitas infrastruktur lain seperti hotel dan resort, animasi center, dan infrastruktur,” jelas Airlangga.

Baca Juga :   SYEKH MATO AIE”, Ulama Besar Yang Terlupakan di Minang Kabau.

Sejauh ini, yang sudah konfirmasi langsung untuk investasi US 300 juta.  Prospektif sekitar US1.5 miliar US. Dan target Pemerintah Pusat US 4 miliar.  Dengan target 400 megawatt data center. Sehingga KEK Nongsa bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dan juga bisa membantu pengembangan sektor pariwisata dengan monitoring bagi keamanan wisatawan.

Menurut Airlangga, KEK Nongsa melengkapi KEK sebelumnya yang telah diberikan untuk Kepri, yakni Galang Batang. Selain itu, ada empat KEK lagi yang sedang dalam proses. Dengan demikian, Provinsi Kepri memiliki KEK terbanyak di Indonesia.

“Kendati begitu, Pemerintah Pusat bukan  tanpa maksud dan tujuan memberikan KEK tersebut untuk Kepri. Tujuannya tentu untuk menjadikan kembali Kepri sebagai tujuan investasi bagi investor manca negara,” jelas Airlangga.

Baca Juga :   Upacara Virtual Personil Polsek Kumpeh Ilir di Mapolsek Kumpeh Ilir dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 76

Digital ekonomi, lanjut Airlangga, merupakan satu-satunya kegiatan yang bisa mengakselerasi perekonomian  melonjak bukan secara linier. Maka itu Presiden Joko Widodo menargetkan pada tahun 2025 digital ekonomi di Indonesia menjadi US 125  per hari ini baru tercapai 40.

KEK Nongsa juga diharapkan bisa menjadi jembatan bagi Indonesia menuju digital ekonomi dunia. Indonesia mempunyai palapa ring yang terkoneksi ke KEK Nongsa dan digital ekonomi seluruh Indonesia dan ke mancanegara.

Ansar Ahmad menyambut penuh semangat kepastian hukum berinvestasi di KEK Nongsa. Dengan begitu, target pertumbuhan ekonomi sebesar 3,5 persen di akhir Tahun 2021 ini bisa tercapai. PP ini untuk mendorong target pertumbuhan ekonomi di kawasan BBK (Batam, Bintan, Karimun).

Baca Juga :   Desa Falabisahaya Dijauhi Jaringan 4G!

Editor : Budi Adriansyah