Cegah Karhutla, RLH Inisiasi Sahabat Api Londerang

TANJABTIM, (cmczone.com)

Kebakaran Hutan yang kerap melanda negara Indonesia seolah-olah menjadi momok yang menakutkan kepada masyarakat terutama pada saat musim kemarau akan datang.

Kebakaran hutan bukan hanya menghanguskan hutan dan ekosistemnya, kebakaran juga berakibat fatal pada kehidupan manusia itu sendiri.

Menyikapi Hutan Lindung Gambut (HLG) Londerang yang menjadi langganan area pertempuran kebakaran pada saat musim kemarau sedang melanda, RLH Telah menginisiasi sebuah gerakan Sahabat Api Londerang yang diisi oleh masyarakat yang beraktivitas dikawasan hutan HLG tersebut, Sabtu, 12/06/2021.

Mereka nantinya diharapkan menjaga, mengawasi, mencegah kebakaran hutan yang terjadi di HLG Londerang.

“Kita RLH selama beberapa bulan ini telah melakukan pengamatan atau identifikasi terhadap kebakaran hutan yang kerap terjadi di HLG Londerang. kita lakukan wawancara dengan masyarakat setempat, kemudian kita dalami dengan fakta dilapangan. Pada akhirnya kita sepakat membentuk Sahabat Api Londerang, dengan semangat” Api Adalah Kawan yang harus dijinakan”. Jelas Ketua RLH, Sahroni.

Baca Juga :   Hindari Kedok Terungkap, Pemilik Kapal Api Tunggangi Mabes Polri untuk Kriminalisasi Wartawan

Sahroni juga menambahkan, Inisiasi ini sudah terbentuk di masyarakat Masyarakat yang berada di kawasan hutan Teluk Dawan dan Parit Culum, kita segera membentuk beberapa Desa yang berada dikawasan hutan yang kerap menjadi Kebakaran hutan.

“Sebenarnya yang paling utama kita harapkan adalah rasa keperdulian dan tanggung jawab masyarakat yang berada di kawasan hutan untuk menjaga dan mencegah kebakaran hutan dan lahan, karna itu juga menjadi ancaman nyata bagi mereka, sikap itu yang paling utama kita tanamkan” Jelasnya.

Penulis: sahrul