Serahkan PP KEK di Batam, Airlangga Hartarto Ingin Kepri Jadi Prototipe Pemulihan Ekonomi

Batam (Kepri), cMczone.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini juga disiapkan roadmap agar Batam terus menarik investasi. Sektor yang dikembangkan saat ini maintenance/service pesawat dan sektor digital, diharapkan menjadi backbone BBK untuk pengembangan ekonomi ke depan.

“Kita berharap, nilai investasi terus meningkat di Kepri, khususnya Batam, agar menjadi lokomotif pergerakan ekonomi nasional. Revitalisasi Batam, Bintan, Karimun terus kita kembangkan agar bisa bersaing dengan negara tetangga,” kata Airlangga, saat Penyerahan PP KEK Batam Aero Technic di Hall MRO Lion Group, Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Sabtu (12/6/2021).

Salinan PP no 67 tahun 2021 akan diserahkan langsung oleh Menko Airlangga kepada CEO Lion Group Edward Sirait. Selain itu, ada juga PP 68 untuk KEK Nongsa Digital Park. Menko berharap Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)  Ansar Ahmad terus agresif untuk menggesa pertumbuhan beberapa KEK lagi. Jangan hanya puas dengan PP 67 dan 68 saja.

Airlangga menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang sudah mendukung disahkannya PP kawasan KEK yang ada di Batam. Menurut Airlangga, KEK ini yang sifatnya brownfield project berbeda dengan greenfield project, dan sekarang di Kepri semuanya sudah menjadi brownfield project baik Batama Aero Technic kemudian Nongsa Digital Park dan KEK Galang Batang.

Baca Juga :   Polres Bintan Gelar Pelatihan "Call Centre 110 dan New Smile Police"

“Ini harus menjadi prototipe pemulihan ekonomi dan peningkatan investasi,” kata Airlangga

Pada kesempatan itu, Airlangga minta kepada Pangkogabwilhan dan Forkopimda Kepri untuk terus mendukung dan bersinergi dalam mencipatakan kawasan yang kondusif, aman dan tentram.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan memang langsung hadir pada penyerahan PP itu. Hadir juga Wakil Ketua III Provinsi Kepri Afrizal Dachlan, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Sekda Kepri TS Arif Fadillah, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Indarto Budiarto, Kepala Zona Kamla Maritim Barat Laksma TNI Hadi Pranoto, Danlanud RHF Kolonel Pnb Andi Widjanarko, Kajati Kepri diwakili Kasi Intel Kajari Batam Wahyu Oktaviandi, Kabinda Kepri diwakili Kabag Operasional Kolonel Komara Manurung dan Kadin Kepri Ma’ruf Maulana.

Airlangga pun datang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiharso, Staf Ahli Bidang Regulasi Penegakan Hukum dan Ketahanan Ekonomi Menko Perekonomian Elen Setia di, Dirjen Ilmate Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier dan Deputi III Kemenko Perekonomian Montty Girianna. Hadir juga Anggota DPR-RI Dapil Kepri Cen Sui Lan dan CEO Lion Group Edward Sirait.

Ansar Ahmad bangga, karena Menko Airlangga yang cepat tanggap dan selalu merespon dengan cepat berbagai persoalan percepatan perekonomian Provinsi Kepri khususnya Batam.

Baca Juga :   Akibat Sakit 1 Orang JCH Kampar Kloter 8, Batal Berangkat Ketanah Suci

Penyerahan PP KEK di Batam ini semakin memberi peluang besar dalam membuka lapangan pekerjaan yang luas serta nilai investasi besar yang akan menambah Pendapatan Asli Daerah.

“Ini suatu terobosan yang patut kita apresiasi. Ini merupakan awal yang baik dalam meningkatkan semangat kita untuk dapat mencapai angka optimis pertumbuhan ekonomi,” kata Ansar.

Menurut Ansar, KEK MRO Batam Aero Technic (BAT) ini telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 67 tahun 2021. Rencana investasi sampai tahun 2030 sebesar Rp6,2 triliun. Jumlah tenaga kerja yang akan diserap 9.976 orang sampai tahun 2030.

KEK ini diharapkan dapat menghemat devisa sebesar 65 hingga 70 persen dari kebutuhan MRO maskapai penerbangan nasional senilai Rp26 triliun per tahun yang selama ini mengalir ke luar negeri.

Dalam jangka menengah, diharapkan mampu menangkap peluang dari pasar Asia Pasifik yang memiliki sekitar 12 ribu unit pesawat dan nilai bisnis sebesar 100 miliar dolar AS pada 2025.

Ansar menambahkan, bahwa berbagai KEK terus diusulkan ke Pemerintah Pusat seperti di Karimun, sedang berkembang berbagai industri Maritim seperti Saipem dari negara Italia yang sudah menyerap 7 ribu tenaga kerja.

“Perluasan dan Integrasi di kawasan Batam, Bintan dan Karimun harus terus dipercepat, agar menjadi pemicu, pemacu dan engine ekonomi Provinsi Kepri ke depan,” kata mantan anggota DPR-RI ini.

Baca Juga :   Nilai AHY Pemimpin Masa Depan, Masyarakat surabaya Berbondong Bondong Gabung Partai Demokrat.

Ansar yakin, di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian dan hadirnya Menteri Perindustrian menjadi penyemangat untuk bekerja lebih keras dalam menangani Covid-19, baik segi kesehatan maupun percepatan perekonomian.

Gubernur dan seluruh masyarakat Kepri senantiasa mendoakan Menko Perekonomian beserta jajarannya senantiasa sehat walafiat dan terus memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara.

CEO Lion Group Edward Sirait pada kesempatan itu berharap doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, agar MRO Lion Group bisa terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia. Saat ini karyawannya ada 6 ribu orang, untuk Batam sendiri terdapat 2 ribu orang serta pada tahun 2027 akan mempekerjakan secara keseluruhan sebanyak 10 ribu orang.

Saat ini, pihaknya melayani lima perusahaan penerbangan yang melakukan maintenance walaupun bernaung di bawah Lion Group, ada satu yang beroperasi di negara Thailand dan service di negara ini. KEK Batam Aero Technic (BAT) yang memiliki luas lahan 30 hektare dengan kegiatan utama industri Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO).

“Tujuannya membuka lapangan perkerjaan, menambah nilai investasi, mengurangi pengeluaran devisa dan paling tidak mempercepat proses alih teknologi dalam perbaikan/maintenance pesawat,” kata Edward.

Editor : Budi Adriansyah