H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Bagikan Alsintan kepada 17 Keltan Luak Limopuluah

Limapuluh Kota, cMczone.com- Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi dari Fraksi Gerindra H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo kembali Salurkan Aspirasinya berupa Alsintan ( Alat dan Mesin Pertanian ) berupa Hand Traktor 8,5 PK merk YANMAR kepada 17 Kelompok Tani ( Keltan ) yang tersebar di Kota Payakumbuh dan Kabupaten LimaPuluh kota , Ba’da Jumat 23 Juli 2021 , bertempat di Gedung Alsintan yang bersebelahan dengan Kodim 0306 Kabupaten 50 Kota.

Dt.Bijo dalam sambutannya mengatakan : ” Ini ( Alsintan ) merupakan aspirasi yang kami serap melalui Reses dan kami bagikan kepada 17 Keltan yang sudah melalui klasifikasi yang layak untuk mendapatkannya , kami di DPRD ( Provinsi ) sebagai wakil bapak/Ibuk akan selalu menyerap dan beradaptasi dengan aspirasi yang Ibuk/bapak sampaikan sewaktu reses kemarin, mudah mudahan ini bisa membantu meringankan pekerjaan pertanian kita , sehingga panen minimal 2 X setahun bisa meningkat menjadi 3 X setahun dan hasilnya pun bisa di tingkatkan lagi ” ungkap Dt.Bijo dalam sambutannya.

Kadis Pertanian dan Kabid Sarana Prasarana Kabupaten 50 Kota yang hadir pada acara penyerahan Hand Traktor tersebut mengatakan : ” Terima Kasih Kepada Pak dewan Kita yang telah memberi perhatian lebih kepada pertanian Kita. Tantangan bagi 15 Keltan untuk menjaga dan merawat Hand traktor yang telah beliau berikan kepada kita. Bacalah manual book nya , lalu lakukan pergantian oli secara berkala , setiap 100 jam pemakaian untuk oli mesin dan Setiap 600 jam untuk oli gardan , sehingga Hand traktor bisa awet hingga 5 tahun atau lebih kedepannya ” ungkap Kadis Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota Ir.Eki Hari Purnama MSi yang di dampingi Kabid.Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian.

Baca Juga :   375 Calon Siswa Masuk Pendidikan, Kapoldasu: Membentuk Pribadi yang Presisi

” Kita memiliki lahan persawahan seluas 19.165 Ha dengan dengan Ratusan Keltan yang tersebar di tiap tiap Nagari di Kabupaten 50 Kota, hari ini kita dapat bantuan Alsintan untuk 15 Keltan , mudah mudahan tahun depan ada lagi ” pungkasnya.

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat melalui UPTD Perbengkelan Alsintan , Sarana dan Prasarana Pertanian yang hadir di wakili oleh Ibuk Yuli dan Pak Antoni mengatakan : ” Terima Kepada Bapak Nurkhalis Dt.Bijo dirajo yang telah menitipkan Pokirnya kepada Kami dan hari ini akan kami serahkan ” ungkap Yuli dalam sambutannya.

” Selaras dengan Pak Kadis kami juga berharap Keltan penerima manfaat untuk menjaga dan merawat Hand traktor tersebut sehingga bisa awet, kalau terjadi kerusakan kami ada perbengkelan yang akan menservis dan memperbaiki alsintan bapak/ibu , bengkel kami ada di Kota Bukit tinggi ” pungkasnya.

Baca Juga :   "Gagal Bayar" Kontraktual Rekanan, Limapuluh Kota Ukir Sejarah Baru..!!!

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo tahun ini mengalokasikan 17 Hand Traktor untuk 17 Kelompok Tani yang tersebar di Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh melalui Pokir ( Pokok Pokok Pikiran ) beliau di DPRD Provinsi Sumatera Barat.
Tahun ini yang menerima manfaat Pokir beliau adalah : 15 Keltan Kab.50 kota dan 2 Keltan Kota Payakumbuh.

Penulis: Soe-crie