Besok Dibuka, STQH Kepri Digelar Secara Virtual

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2021 dilaksanakan secara berbeda.

STQH yang biasanya dilakukan secara langsung, pada tahun ini dilakukan secara virtual. Ajang STQH virtual ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Adanya pandemi ini tidak menyurutkan semangat kita untuk melakukan STQH. Dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang kita bisa melaksanakannya secara jarak jauh,” kata Wakil Gubernur Provinsi Kepri Marlin Agustina, kepada awak media saat konferensi pers virtual dari Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Senin (26/7/2021).

STQH Provinsi Kepri Tahun 2021 akan berlangsung dari tanggal 27 Juli sampai dengan 31 Juli 2021. Ajang ini diikuti oleh enam kabupaten/kota kecuali Kabupaten Natuna.

Baca Juga :   Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklat Polri Kunjungi Posko Satlak III Elang Latsitardanus

Total peserta yang ikut berjumlah 107 orang. Dengan cabang yang dilombakan ada empat cabang dan dua puluh golongan.

Nantinya teknis perlombaan adalah dewan hakim akan menilai dari Kota Tanjungpinang. Sementara para peserta akan mengikuti lomba tersebut dari daerah masing-masing.

Sebagai Ketua LPTQ Provinsi Kepri Marlin mengatakan, meskipun STQH ini dilakukan secara virtual, namun tidak mengurangi esensi dan tujuan pokok acara. Direncanakan Pembukaan STQH secara resmi akan dibuka oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, dari Aula Wan Seri Beni, Selasa (27/7/2021) besok.

“Acara pembukaan kita lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Maksimal nanti undangan hanya 30 orang,” ungkap Marlin.

Marlin berharap, gawaian STQH Kepri dapat berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan Qori dan Qoriah yang terbaik mewakili Kepri di STQH Nasional yang akan digelar di Maluku Utara pada Oktober mendatang.

Baca Juga :   HARI PERTAMA UN DI SMAN 7 MANDAU BERJALAN TERTIB.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas Kepri Hasan mengatakan, jika STQH Kepri akan diliput secara live streaming di berbagai media elektronik dan online, sehingga masyarakat dapat ikut menyaksikan pagelaran STQH ini.

“Tentu dengan pelaksanaan virtual ini lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mengikutinya, jadi ayo sama-sama kita meriahkan STQH ini dari rumah,” ucap Hasan.

Tampak hadir dalam konferensi pers tersebut, Kepala Dinas Kominfo Zulhendri, Kepala Dinas Pariwisata Buralimar, Kepala Biro Kesra Aiyub, Plt Kepala Biro Umum Abdullah dan perwakilan Kemenag Kepri.

Editor : Budi Adriansyah