Peralihan Blok Rokan Diharap Jadi Momen Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Sakai di Riau

DURI,cMczone.com – Peralihan Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina melalui anak usahanya Pertamina Hulu Rokan (PHR) tinggal menghitung hari.

 

Dengan demikian, operasional pengelolaan salah satu ladang minyak terbesar di tanah air ini akan dikelola oleh BUMN.

 

Sekretaris Majelis Sakai Riau (MSR), Suhardi SH berharap, momentum peralihan blok rokan tersebut dapat membangkitkan dan mensejahterakan masyarakat adat, terutama masyarakat Sakai.

 

 

“Isu peralihan blok rokan sudah tidak menjadi rahasia umum lagi. Perpindahan karyawan Chevron yang langsung kerja di Pertamina dengan alasan untuk mempertahankan produksi minyak bagaikan petir di siang bolong. Dari awal kami masyarakat Sakai yang bergabung dalam Majelis Sakai Riau mendengar bahwa Blok Rokan yang merupakan Hutan Tanah atau Tanah Ulayat Sakai Batin 8 dan 5 berdasarkan dokumen-dokumen yang kami miliki akan di ambil alih oleh perusahaan negara, kami sangat bahagia dan bersyukur karena akan berdampak kepada kehidupan kaum kami,” kata Suhardi,

Baca Juga :   Persatuan Mahasiswa Tabir Tuntut Cabut Izin PT KPAL

bersama dengan Panglima Sakai Ogek alias Rhodie Aouhgeh, Selasa (27/7/2021) di Duri.

 

Menurut Suhardi, sudah hampir se abad hutan tanah atau tanah ulayat masyarakat adat Sakai dikeruk oleh perusahaan asing, tapi secara keseluruhan belum membuat kaum Sakai bangkit dari keterpurukan.

 

Bahkan, kata dia, yang bekerja langsung di Chevron hanya 5 orang saja, untuk bekerja di sub kontraktornya saja, mereka harus bersitegang urat leher dulu.

 

“Makanya ketika mendengar Chevron mau habis kami sangat bahagia.

Kamu juga berharap dukungan dan bantuan dari LAM R baik Provinsi, kab dan Kecamatan untuk dapat mensuport perjuangan kami, karena LAM R adalah lembaga tertinggi yang menaungi adat istiadat sejalan dengan perjuangan kami terkait tanah ulayat” ungkapnya.

 

Baca Juga :   Miris !!! : Kabupaten 50 Kota Menerima Bantuan Pusat Berupa Benih/bibit Manggis Sejumlah 50.120 Batang, Setelah 2 Tahun Yang Tumbuh Hanya 10% Benih

Oleh karena itu, apabila hal ini tidak terealisasi maka pihaknya siap untuk menjadi garda terdepan untuk mempertahankan tanah ulayat masyarakat adat Suku Sakai di kawasan Blok Rokan.

 

Sebagai perusahaan negara, kepedulian Pertamina terhadap penduduk Asli Sakai harus lebih baik dibandingkan perusahaan asing. Program CSR menjadi lebih nyata manfaatnya bagi masyarakat Sakai. Ujar Suhardi.ST.,MM ketua Umum MSR.

 

Lain lagi yang disampaikan oleh Kepala Suku Sakai dari Sutan Betuah Datuk Kuri bin Samin “Berharap dengan habisnya kontrak Blok Rokan ini tanah ulayat yang dikuasai oleh negara melalui konsesi atas nama blok rokan ini sebelum dikerjakan oleh pertamina harus di serah Terima kan terlebih dahulu ke kepala suku masing2 ,karena blok Rokan ini merupan tanah ulayat dari zaman kerajaan dan di awal pencarian minyak dulu meminta izin kepada Sultan Siak dan batin sebagai pemilik hutan tanah yang kini disebut tanah ulayat.”

Baca Juga :   Rawan " Terjadi Lagi Tabrakan Maut di Jalur Tiga Kota Bangko

 

Senada apa yang disampaikan oleh Kepala Suku Sakai Sutan Betuah, Kepala suku Sakai Batin Betuah Datuk Zainal Arifin bin Boedjang Ganti juga menyampaikan bahwa “Kembalikan dulu ke para batin, karena selama ini tidak ada kontribusi langsung yang kami dapatkan”

Kalau pun ada bantuan dari hasil blok rokan hanya seujung kuku yang di rasakan oleh masyarakat Sakai. ” taik minyak nya saja itu ” ucap beliau.

 

Terakhir disampaikan oleh sekretaris harian MSR “Dengan waktu yang sudah hampir SeAbad ini kami rasa sudah cukup kami nikmati kampung kami sendiri bagaikan di perantauan karena hidup di tanah sendiri sulit untuk mencari makan, dengan habis nya kontrak blok rokan ini kami optimis degngan kontrak baru dan pengelola yang baru akan membawa Sakai menjadi lebih baik dan sejahtera di kampung sendiri.(Redaksi)