Peluncuran Vaksin Dosis II se-Kepri, Ansar Ahmad : Pacu Pelaksanaan Secara Massal dan Masif

Batam (Kepri), cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, secara resmi meluncurkan vaksinasi dosis II untuk kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. 

Seluruh komponen masyarakat diminta untuk menyukseskan vaksinasi ini secara massal dan masif agar masyarakat terbebas dari wabah Covid-19.

“Peluncuran vaksinasi dosis II ini bukan berarti baru dimulai, sejak Januari 2021 sudah dilaksanakan. Namun, karena kita kebut untuk vaksinasi dosis I kita fokuskan dulu ke dosis I, hingga kita berhasil dengan pencapaian 68,44 persen. Saat ini, kita mulai fokus ke dosis II dan harus sukses juga pencapaiannya seperti dosis I,” jelas Ansar.

Peluncuran vaksinasi dosis II dilakukan pada Minggu (8/8/2021) di Tempat Makan Puas Hati, Kota Batam yang bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri dengan target 6000 orang.

Menurut Ansar, pelaksanaan peluncuran vaksinasi dosis II ini untuk menumbuhkan semangat yang sama dalam mensukseskan pencapaian vaksinasi seperti vaksinasi pada dosis I.

Baca Juga :   Beredar Surat Janji Politik Safari, Tapi Sayang Belum Tersentuh Tangan Terampil?

Kesuksesan pelaksanaan vaksinasi dosis I mengantarkan Provinsi Kepri menempati urutan ke-3 se-Indonesia setelah Provinsi DKI dan Provinsi Bali. Dan urutan pertama di luar DKI dan Bali.

Prestasi yang sama, kata Ansar, harus bisa dilakukan pada vaksinasi dosis II. Untuk mencapai itu harus dilakukan secara massal dan masif serta melibatkan semua komponen masyarakat.

“Kepri mesti gerak cepat, agar penyebaran wabah Covid-19 terputus, ekonomi kembali tumbuh, kerjasama ekonomi dengan negara-negara luar kembali terjalin dengan penyerapan tenaga kerja yang tinggi, dan UMKM bangkit,” ucap Ansar.

Ansar mengatakan, telah melakukan gerak cepat bersama jajarannya, DPRD Kepri dan Forkopimda Kepri. Sesaat setelah vaksinasi usia 12-17 tahun diluncurkan Presiden Joko Widodo di Jakarta secara virtual, rapat lengkap langsung digelar. Dan esok harinya pelaksanaan vaksinasi untuk usia 12-17 tahun langsung diselenggarakan.

Hingga hari ini, Kepri kembali menoreh prestasi dengan pencapaian vaksinasi  36,70 persen mengungguli secara nasional yang baru mencapai 10 persen. Untuk kategori 12-17 tahun, Kepri juga menempati urutan ke-3 secara nasional.

Baca Juga :   Pemko Payakumbuh Berencana Mengaktifkan Kembali Terminal Koto Nan Empat

Kendati ada beberapa kendala keterlambatan untuk vaksin, Ansar menjanjikan dan menjamin ketersediaan vaksin untuk masyarakat Kepri. Keterlambatan yang sempat terjadi dikarenakan membludaknya pelaksanaan vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Saya selalu melakukan koordinasi dan komunikasi aktif dengan Bapak Menko Perekonomian selaku Ketua Satgas penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional agar vaksin untuk Kepri lancar. Dan target vaksinasi 50 ribu per hari yang diberikan pusat bisa tercapai. Syaratnya, kita semua turut mensukseskan vaksinasi ini secara masif dengan mengajak teman, saudara dan keluarga untuk di vaksin,” ujar Ansar.

Setelah melakukan peluncuran, Ansar melakukan dialog secara virtual dengan bupati dan walikota se-Kepri untuk menyaksikan pelaksanaan vaksinasi dosis II di daerah masing-masing.

Selain menanyakan target masing-masing daerah, Ansar juga memberikan semangat bagi daerah yang masih rendah capaiannya dan perlu segera dikejar.

Selain itu, Ansar juga mengucapkan terima kasih yang mendalam bagi perhatian para pimpinan DPRD Kepri dan anggotanya atas kerjasama dan dukungan dalam menyukseskan berbagai usaha Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk vaksinasi dan pemulihan ekonomi

Baca Juga :   Blusukan Saat Libur, Ansar Ahmad Ingin Pastikan Bantuan Tepat Sasaran

“Terima kasih kami kepada para pimpinan DPRD Kepri dan seluruh anggota, yang telah mendukung penuh setiap program pemerintah kepri dalam pengendalian Covid-19. Termasuk untuk pemberian bantuan Sembako bagi masyarakat yang sedang isolasi terpusat,” ujar Ansar.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh bupati dan walikota se-Kepri, Forkopimda, tenaga kesehatan, pengusaha, relawan dan yang terlibat dalam menyukseskan vaksinasi.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Cahyono, Sekdaprov Kepri Lamidi,  Danlanud RHF A Donie P dan FKPD Kepri, Ketua Komisi III DPRD Kepri Widiastadi Nugroho, Anggota DPRD Kepri Yudi Kurnain, Nyangnyang Haris Pratamura, Surya Sardi, Sahat Sianturi, Sekdako Batam Jefridin, bupati, walikota, Sekda se-Kepri, Asisten 2 Kepri Syamsul Bahrum, Kadis Kesehatan Kepri M Bisri, Kadisnaker Kepri Manggara M,  Simarmata, Ketua Apindo Kepri Cahya.

Editor : Budi Adriansyah