Huzrin-Azis Diperiksa Kejati : Komunitas Pelaut Kepri Minta Gubernur Kepri Benahi BUP

cMczone.com – Mantan Dirut dan Komisaris PT Pelabuhan Kepri Azis Kasim Joe dan Huzrin Hood diperiksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri).

Pemeriksaan tersebut diketahui dari surat panggilan Kejati yang beredar. Huzrin diperiksa sebagai mantan Direksi BUMD PT Pelabuhan Kepri dan Aziz sebagai direksi PT Pelabuhan Kepri saat ini.

Huzrin dan Azis diperiksa atas dugaan tindak pidana korupsi terkait pengelolaan MV Lintas Kepri berdasarkan temuan BPK dan Notasi BPK tahun 2020.

Ketua Umum Komunitas Pelaut Kepulauan Riau Capt. Andi Seri mengatakan, bahwa pihaknya sangat menyayangkan atas temuan dugaan tindak pidana Korupsi yang terjadi, dan berharap pihak-pihak yang terkait untuk kooperatif atas proses yang berjalan.

Baca Juga :   FPII Riau Kutuk Pelaku Pembunuhan Dua Jurnalis Di Labuhan Batu

“Kami berharap juga penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau juga proaktif membuka dan mendudukkan proses hukum yang berjalan ini dengan profesional,” pinta Andi.

Menurut Andi, potensi ekonomis yang berimplikasi pada multi sektor di bidang kemaritiman Kepulauan Riau (Kepri) adalah harta karun berharga bagi masyarakat Kepri.

“Hari ini kita bersyukur punya Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang secara kelembagaan adalah badan usaha milik masyarakat yang diharapkan bisa memberi kontribusi ekonomis baik dari segi terbukanya lapangan pekerjaan maupun peningkatan PAD kita. Namun dengan kondisi manajemen yang seperti ini “banyak masalah” sangat disayangkan,” ujar Andi, Senin (13/9/2021).

Andi juga berharap, dengan dilaksanakannya tahapan seleksi direksi yang baru, diharapkan menjadi momentum reformasi bagi semua pihak, khususnya BUP untuk berbenah kembali pada haluan yang ada sesuai amanat dan tujuan dibentuknya BUP sesuai Perda Nomor 2 tahun 2013.

Baca Juga :   Video: Detik-detik Plafon Masjid Tanjak Batam Roboh, Ar Bangun: Ngapain Salahkan Hujan?

“Kita berharap gubernur proaktif mendukung pembenahan dan profesionalitas BUP kedepan. Kita sangat berharap prosesnya juga tidak berlarut-larut. Semoga gubernur cepat melantik direksi terpilih ini agar cepat direksi yang baru bisa melakukan kerja-kerjanya sesuai tupoksinya,” ujar Andi.

Andi berpesan agar direksi yang baru nantinya setelah dilantik untuk menjaga integritas dan profesionalitas dalam bekerja dan melakukan pembenahan pada BUP agar menjadi lebih baik.

Editor : Budi Adriansyah