Bintan Raih Juara 3 Posyantek Terbaik Ajang Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional 2021

cMczone.com – Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, yang mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meraih juara 3 Nasional sebagai Posyantek Terbaik Tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2021. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bintan Ronny Kartika menuturkan, bahwa penghargaan tersebut diterima oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, yang diwakili Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Kepri Sardison, dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar, di Jakarta, Senin (20/9/2021) pagi.

Ronny mengatakan, bahwa dengan prestasi nasional tersebut, pihaknya semakin semangat lagi dalam mengembangkan peran Posyantek dalam pemberdayaan masyarakat desa kedepan.

Baca Juga :   Melapor Kasus Pencurian, Untung Malah Dilapor Kasus Penggelapan

Adapun Juara 1 Nasional diraih oleh Posyantek dari Jawa Barat dan juara 2 Nasional diraih oleh Posyantek dari Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, Bintan keluar sebagai juara 3 Nasional dan tentunya ini prestasi yang membanggakan bagi kita semua,” ujar Ronny.

Posyantek Desa Teluk Bakau, dipandang sukses dalam merangkul beberapa pihak, hingga akhirnya menghasilkan produk ulat maggot, yaitu pakan alternatif yang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan, namun juga pakan ternak serta pupuk organik bagi  pertanian.

Usaha Ulat maggot tersebut juga cukup menjanjikan dimana dari 1 kilogram sampah organik, dapat menghasilkan setengah kilogram ulat maggot.

Per kilogram ulat maggot tersebut juga dijual seharga Rp 10 ribu kepada para pelaku usaha ternak mulai dari ternak ikan air tawar, hingga untuk pakan burung.

Baca Juga :   Kapolsek Kumpeh Ilir Akp Dedi Subandi Tingkat kan Pengamanan Hari Pertama Bulan Suci Ramadhan 1443 H Di Wilayah Hukum Polsek Kumpeh Ilir

Editor : Budi Adriansyah