Posyantek Teluk Bakau Hantar Pemprov Kepri Raih Penghargaan Nasional

cMczone.com – Provinsi kepulauan Riau (Kepri) berhasil meraih gelar juara 3 Posyantek berprestasi pada penghargaan Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021 yang dihelat Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Senin (20/9/2021) pagi, bertempat di Gedung Makarti, Jalan TMP Kalibata, No.17, Jakarta Selatan.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan, pihaknya untuk menggelar TTG Nasional secara daring dikarenakan masih dalam kondisi pandemi covid-19.

“Dengan acara ini kita harap yang pertama itu ada inovasi, yang kedua itu sosialisasi yang penting, karena tanpa sosialisasi maka kurang makna jika gelar Teknologi Tepat Guna ini atau inovasi yang dilakukan para inovator, dan creator tidak bisa disosialisasikan dan dimanfaatkan masyarakat banyak. Yang terpenting semua inovasi teknologi adalah kemanfaatan dan sosialisasi,” ujar Abdul.

Baca Juga :   Jelang HUT RI Lantamal IV Gelar Ibadah, Dzikir dan Do'a

Nama Provinsi Kepri di dunia TTG Nasional, sudah tak asing lagi. Kali ini Posyantek Bina Desa Sejahtera, Desa Teluk Bakau dari Kabupaten Bintan, berhasil meraih juara 3 pada gelaran Teknologi Tepat Guna Nasional XXII.

“Alhamdulillah dari tiga kategori yang kita kirim ke tingkat nasional, dua masuk 10 besar. Dan Posyantek Bina Desa Sejahtera dari Teluk Bakau berhasil meraih juara tiga,” ujar Sardison, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Dukcapil Provinsi Kepri, Senin (20/9/2021).

Juara 1 diraih oleh Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) dari Jawa Barat. Sedangkan juara 2 diraih oleh Posyantek dari Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT, Halim Iskandar, di Jakarta.

Posyantek Bina Desa Sejahtera ini dipandang sukses merangkul beberapa pihak, hingga akhirnya menghasilkan produk ulat maggot. Yaitu pakan alternatif yang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan, juga pakan ternak serta pupuk organik untuk pertanian.

Baca Juga :   Kasubsektor Taman Rajo IPDA. Yoga Prawira Mukti. S. TrK. Monitoring Vaksinasi Masal DI Puskesmas Kemingking

“Untuk bahan bakunya kami bekerjasama dengan pihak hotel. Mereka membantu kami memisahkan sampah organik yang selanjutnya kami produksi menjadi ulat maggot ini. Ulatnya itu berasal dari larva lalat tertentu. Jadi lalatnya tidak boleh terkontaminasi dengan sampah lain,” ujar Rahmat Hidayat, Ketua Posyantek Bina Desa Sejahtera, Teluk Bakau melalui sambungan telepon.

Namun sayangnya, selama pandemi Covid-19 ini bahan baku dari hotel berkurang. Sehingga Posyantek beralih ke bahan baku dari kotoran ayam. Mereka mendapat bantuan 1500 ekor ayam beserta pakannya, yang dikelola oleh kelompok-kelompok.

Ulat maggot ini cukup menjanjikan. Dimana dari 1 kilogram sampah organik, dapat menghasilkan setengah kilogram ulat maggot. Per kilogram ulat, dijual seharga Rp 10 ribu kepada para pelaku usaha ternak. Mulai dari ternak ikan air tawar, hingga untuk pakan burung.

Baca Juga :   Ansar Ahmad : Pasien BPJS dan Non BPJS Harus Dapat Layanan yang Sama

“Kami bekerjasama dengan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam hal pemasaran. BUMDes sudah menghasilkan Rp 10 juta dari ulat maggot ini. Tapi sementara terhenti karena kurangnya bahan baku dari resort yang ada di Teluk Bakau,” jelas Rahmat.

Diharapkan kedepan, Posyantek Bina Desa Sejahtera ini dapat berkembang pesat. Apalagi ulat maggot ini banyak dicari, karena tingginya protein sebagai pakan ternak.

Karena keberhasilan Posyantek meraih juara 3 pada Gelar TTG Nasional XXII, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri akan memberikan penghargaan atas prestasi dan sumbangsih mereka bagi daerah.

“Penghargaan yang kita terima ini juga sebagai hadiah untuk hari jadi Provinsi Kepri. Insha Allah pada Upacara Peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepri, Gubernur akan memberikan penghargaan kepada Posyantek dari Teluk Bakau ini,” pungkas Rahmat.

Editor : Budi Adriansyah