PPKM Level 2, Ansar Ahmad Sebut Bepergian Antar Daerah di Kepri Bebas Antigen

cMczone.com – Menindaklanjuti hasil asesmen yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan pada Kamis (30/9/2021), kini Kepulauan Riau (Kepri) sudah berada di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. 

Untuk itu, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, langsung mengambil kebijakan dengan membebaskan Test Antigen bagi masyarakat yang akan bepergian khususnya di Wilayah Provinsi Kepri.

“Alhamdulillah, sekarang kita sudah masuk di level 2, dan seperti janji saya, setelah kita berhasil turun ke level 2, maka bepergian antar daerah di Kepri sudah bebas Antigen,” kata Ansar, Sabtu (2/10/2021).

Ansar melanjutkan, bahwa kebijakan peniadaan Tes Antigen ini akan diberlakukan mulai Senin 4 Oktober 2021. Dan meskipun Tes Atigen sudah ditiadakan, syaratnya masyarakat harus sudah di vaksin dosis 1 dan 2.

Baca Juga :   TP-PKK-Dinas KP2KH Kepri Gelar Dapur B2SA untuk Anak...

“Harus sudah vaksin dosis ke-2 merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi masyarakat. Makanya, sampai sekarang program vaksinasi kita gesa terus,” kata Ansar.

Sedangkan untuk perjalanan antar Provinsi, Ansar mengaku, sedang berkonsultasi dengan pemerintah pusat.

Berdasarkan rilis hasil asesmen dari Kemenkes tersebut, dari tujuh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang menjadi satu-satunya daerah yang berada dalam status level 1.

Sedangkan, enam kabupaten dan kota lainnya, yakni Kota Batam, Kabupaten Anambas, Kabupaten Natuna, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Lingga berada di level 2.

Untuk kondisi Covid-19 di Kepri yang saat ini berada di level 2, Ansar berharap, hal ini bisa dipertahankan. Caranya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, serta melakukan tracking, tracing dan treatment (3T) secara ketat dan maksimal.

Baca Juga :   PMI dan Human Trafficking Perhatian Khusus Pemprov Kepri

Atas keberhasilan penurunan hingga ke level 2 ini, Ansar pun berterima kasih kepada seluruh FKPD, pemerintah kabupaten dan kota serta masyarakat Kepri tanpa terkecuali. Dan mengajak masyarakat untuk mempertahankannya.

“Ini merupakan hasil kerja keras kita semua, sehingga bisa turun di level 2. Namun saya himbau, agar masyarakat tetap menerapkan prokes dan bagi yang belum vaksin agar segera vaksin,” pungkas Ansar.

Editor : Budi Adriansyah