Komisi V DPR-RI Dukung Penuh Pembangunan JBB

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, memaparkan sejumlah mesin baru ekonomi di Kepri. Realisasi usulan-usulan itu, semakin mempercepat laju ekonomi Kepri yang muaranya kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih dengan kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR-RI yang agenda utamanya pembahasan proyek Strategis Batam-Bintan dan optimalisasi infrastruktur pembangunan jalan dan jembatan nasional,” kata Ansar, di Hotel Best Western, Panbil, Kota Batam, Senin (4/10/2021) petang.

Komisi V DPR-RI diantaranya membidangi masalah infrastruktur dan perhubungan. Menurut Ansar, pertemuan ini sangat penting, karena ada berbagai usulan strategis yang dikomunikasikan kepada pemerintah pusat.

Ansar mengatakan, bahwa kunjungan spesifik ini akan mendalami persoalan Jembatan Batam-Bintan (JBB), serta beberapa usulan dari kabupaten kota.

Baca Juga :   Kirim Surat ke Pemko Tanjungpinang Soal Pengembangan Kawasan Gurindam 12, Ansar Ahmad: Sampai Sekarang Belum Ada Balasan...

Seperti ada beberapa infrastruktur sudah dibangun pemerintah pusat, namun perlu lanjutannya. Seperti jalan-jalan nasional, pembangunan beberapa bandara, termasuk bandara yang sudah beroperasi, namun perlu penambahan runway. Beberapa pelabuhan yang sudah dibangun olah pusat diharapkan segera beroperasi.

“Termasuk Kawasan Ekonomi Khusus, baik yang sudah diterbitkan oleh pemerintah serta beberapa usulan KEK yang akan menjadi engine (mesin) ekonomi baru di Kepri,” kata mantan anggota Komisi V DPR-RI ini.

Pada kesempatan itu, Ansar menyampaikan pentingnya pembangunan JBB. Baik dalam hal konektivitas, pertumbuhan industri, pariwisata, logistik dan lainnya.

Ansar memaparkan beberapa usulan yang perlu direalisasikan. Diantaranya pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum di Bintan, penataan Kawasan Wisata Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, serta pengembangan Bandara Raja Haji Abdullah, Pelabuhan Malarko, dan Jalan Nasional Kundur di Kabupaten Karimun.

Baca Juga :   Selain 5 Provinsi, Kepri Penerima Hibah Investasi Program Compact-2 MCC

Selain itu, diperlukan percepatan realisasi untuk pengembangan Bendungan Jelutung di Kabupaten Lingga, Jalan Nasional, Pelabuhan Samudera Teluk Buton, dan PLBN Serasan di Kabupaten Natuna.

Untuk Kabupaten Anambas, diperlukan pengembangan Bandara Letung, dan Jalan Nasional. Serta Galang Batang, Batam Aero Technic, dan Nongsa Digital Park.

Ketua Komisi V DPR-RI Ridwan Bae menegaskan, bahwa mendukung penuh upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk menyukseskan proyek JBB.

Ridwan seakan mempertegas pendapat salah seorang anggotanya yang ingin pembangunan JBB itu dipercepat dan selesai sebelum 2024.

Tim Pembangunan JBB dari Kementerian PUPR Reni menyampaikan, bahwa proyek pembangunan JBB telah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) dan Rencana Tata Ruang dan Wilayah, serta telah dilakukan upaya penyiapan berupa pembebasan lahan dan sosialisasi sesuai AMDAL.

Baca Juga :   Kementerian LHK Siap Proses Izin Hutan Lindung untuk Bandara RHA Karimun

Reni juga menyampaikan, bahwa selain KPBU, pemerintah melalui APBN mengalokasikan dana sebesar Rp 3,34 triliun untuk jalan dan pembangunan jembatan dari Kota Batam ke Pulau Tanjung Sauh. Sisanya melalui KPBU sekitar Rp 9,78 triliun.

Editor : Budi Adriansyah