Berita  

30% Hasil Panen Pertanian Meningkat, Dengan Adanya Normalisasi Tali Irigasi Batang Sanipan I,II,III

Limapuluh Kota, cmczone.com– Normalisasi tali irigasi I,II dan III yang bersumber dari (DAS) daerah aliran sungai batang sanipan yang berada di nagari Sarilamak kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota diharapkan pengerjaan akan selesai akhir tahun ini.

Normalisasi batang sanipan yang pengerjaan sudah dimulai tahun lalu (2020) dengan Pemasangan bronjong di sepanjang DAS direncanakan akan selesai tahun ini (2021) dengan skema multiyears. Pendanaannya bersumber dari DAK-APBN yang pengusulannya ke BWSS V (Badan Wilayah Sungai Sumatera V), selanjutnya masuk menjadi APBD Kabupaten Limapuluh Kota TA 2020-2021.

Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya Kepada penulis Senin 11/10/21 via Telepon mengatakan bahwa: “Tahun Lalu (2020) kami mendapatkan Perbaikan DAS batang sanipan, untuk tahun ini (2021) kami mendapatkan lanjutan perbaikan DAS batang sanipan dan perbaikan tali irigasi yang bersumber dari air batang sanipan sepanjang ± 5 KM.” Ungkapnya.

Baca Juga :   Gua Homo Sapiens Tertua ASEAN Kembali Dilelang, Masyarakat Situjuah Minta Pemerintah Turun Tangan

Ditambahkan wali nagari Sarilamak, perbaikan aliran air di tali tali bandar irigasi bertujuan untuk memperlancar aliran ke sawah sawah warga dan tentu bisa menjadi tempat menyimpan air di musim kemarau.

“Kalau aliran lancar maka bisa kami perkiran hasil panen meningkat 30 %/tahun, yang sebelumnya 2X/tahun menjadi 3X setahun.” Pungkas wali nagari Sarilamak.

Dalam pantauan media Perbaikan jalur irigasi Primer dan Sekunder di nagari Sarilamak ini dilaksanakan oleh CV.surya perdana, konsultan: CV. Delarosa konsultan. No.kontrak: 04.07/PPK-SDA/KONTRAK/RJIP-IPDMIP/PUPR-LK/2021, dengan nilai: Rp. 2.236.900.000 (Dua Milyar Dua Ratus Tiga Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah).

Penulis: sukrianto