Berita  

Perbaikan Irigasi Primer Dan Sekunder Tanjuang Batauik di Nagari Guguak VIII Koto Bisa Meningkatkan Hasil Panen Menjadi 3X Setahun

Limapuluh Kota, cmczone.com- Perbaikan tali bandar irigasi Tanjuang Batauik yang terhubung dengan ratusan Ha persawahan dan lahan pertanian di Nagari Guguak VIII koto kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota akan bisa dinikmati akhir tahun ini.

Tali irigasi tradisional yang sebelumnya hanya mengandalkan bandar bandar kecil untuk mengairi persawahan dan lahan pertanian tahun 2021 ini sedang diperbaiki dan diperlebar lalu dinding dan lantainya akan diperkuat dengan pemasangan batu miring.

Wali nagari Guguak VIII koto Yosrizal SH,MH ketika dihubungi awak media Jumat 8 Oktober 2021 mengatakan: “Tali irigasi yang bertitik nol dari Ompongan Balando (Bendungan) di Jorong Kubang Tungkek yang mengalir sepanjang ± 1 KM sampai ke jorong Guguak kalau airnya lancar akan menambah durasi Panen Petani menjadi 3X setahun, yang sebelumnya hanya maksimal 2X setahun.” ujarnya.

Baca Juga :   Pengurus IBA-MMA Limapuluh Kota Resmi Terbentuk, Dt.Putiah: Mari Sama Sama Kita Support !

Wali jorong Guguak Oskariadi dan Kubang Tungkek Alkariadi juga satu persepsi dengan wali nagari bahwa tali bandar irigasi ini merupakan urat nadi pengairan untuk ke lahan persawahan, jadi lancarnya distribusi air menjadi hal yang “mustahak” (penting).Mudah mudahan perbaikan tali Irigasi berjalan lancar tanpa halangan, sehingga masyarakat kami akan segera mendapatkan kemudahannya. Air lancar petani makmur.” pungkas mereka serempak.

Dalam pantauan media perbaikan jalur irigasi primer dan sekunder di nagari Guguak VIII bersumber dari Dana APBD Kabupaten Limapuluh Kota TA 2021. Pelaksana adalah CV.Glory Nusantara, Konsultan: CV.Najfas Consultant. No.Kontrak: 07.07/PPK-SDA/KONTRAK/RJIP-IPDMIP/PUPR-LK/2021, dengan nilai: Rp 1.508.415.000 (Satu Milyar Lima Ratus Delapan Juta Empat Ratus Lima Belas Ribu Rupiah).

Baca Juga :   H.Riza Falepi buka gelaran Lemkari Open yang memperebutkan Piala Walikota Payakumbuh 2022

Penulis: soe-crie