Hari Lansia ke-25: TP-PKK Kepri Bagikan Sembako di Bintan 

cMczone.com – Ketua TP-PKK Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari, memberikan bantuan paket Sembako kepada 300 warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Bintan. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Community Center, Kecamatan Teluk Sebong, Selasa (23/11/2021). Pemberian paket Sembako ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepri dalam rangka peringatan Hari Lansia ke-25.

Dalam kegiatan yang bertema “Lansia Bahagia Bersama Keluarga” tersebut, Dewi mengatakan, bila keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat sangat berperan penting dalam penanganan lansia.

Keluarga yang memiliki ikatan batin yang kuat antar anggota keluarga akan memiliki dampak signifikan terhadap perhatian dan kesehatan lansia.

Baca Juga :   Berlesehan dengan Anak-anak Kelong, Roby Kurniawan Bernyanyi Lagu Nasional

“Para lansia adalah anggota keluarga yang harus terus kita berikan perhatian secara mendalam dengan terus memperhatikan kebutuhan dan juga kondisi kesehatan mereka,” kata Dewi.

Dengan pemberian tali asih sembako kepada lansia, Dewi berharap, para lansia akan memiliki hati dan semangat yang bersuka cita.

Menurut Dewi, kondisi badan dan hati yang kuat bagi lansia akan memberikan mereka imunitas dan kekebalan yang bagus dalam menjalani hari tua.

Tidak hanya sekedar pemberian paket Sembako, acara tersebut juga disejalankan dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan vaksinasi untuk lansia. Kepada lansia yang hadir, Dewi mengajak mereka untuk turut serta berpartisipasi dalam vaksinasi.

“Kita sekarang sedang dalam kondisi pandemi, untuk memberikan perlindungan tambahan pada tubuh kita. Mari bapak ibu untuk segera di vaksin, tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, juga untuk melindungi orang lain terutama keluarga,” imbuh Dewi.

Baca Juga :   Komisi I DPRD Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Kepri Dwi Kori mengatakan, bahwa sesuai dengan UU No 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, para lansia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan pemenuhan kesejahteraan yang setara dengan Warga Negara Indonesia lainnya.

Atas dasar tersebut, Dinsos Kepri yang didorong oleh aspirasi Dewi Kumalasari yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD-Kepri terus memperhatikan kebutuhan para lansia. Salah satu upaya tersebut dengan menggelar rangkaian Hari Lansia di Kabupaten Bintan.

“Bapak ibu lansia adalah mereka yang dulunya merawat dan membesarkan kita, maka sekarang kita wajib memberikan perhatian yang tulus kepada mereka,’ ucap Dwi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bintan Fiven Sumanti, Camat Teluk Sebong Sri Heny, dan sejumlah jajaran pengurus TP-PKK Provinsi Kepri.

Baca Juga :   Kandaskan Lawan Di Partai Semifinal, Kesebelasan Kelurahan AEK Pahing Dan Tim Kesebelasan Kelurahan Ringo Ringo Bertemu Di Partai Final.

Editor: Budi Adriansyah