Dewi Kumalasari Buka ‘Bimtek Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak’

Bintan, cMczone.com – Permasalahan perempuan dari waktu ke waktu cenderung terus meningkat, baik jumlah kasus maupun korbannya, serta dari sisi tempat kejadian yang semakin meluas, mulai dari lingkup rumah tangga, di ranah publik dan tempat-tempat umum lainnya. Dan tidak sedikit kasus-kasus yang mengakibatkan permasalahan terhadap perempuan.

Untuk menyikapi permasalahan perempuan dan anak, pemerintah dan berbagai pihak telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan, namun demikian, tanpa peran aktif dari masyarakat semua tidak akan ada hasilnya.

Dari hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menggelar ‘Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak’ selama 2 hari di Bintan Spa Villa Beach Resort, Kabupaten Bintan, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga :   Melayat Ke Rumah Duka, Bupati Berikan Semangat Pada Korban Kebakaran

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 40 orang peserta dari perwakilan aparatur desa dan tokoh masyarakat yang berasal dari 20 desa di Kabupaten Bintan.

Bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan dini terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri Dewi Kumalasari. Dewi dalam sambutannya menjelaskan, bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek kehidupan, perempuan dan anak menjadi lebih rentan terhadap kekerasan.

“Pada masa pandemi ini, kaum laki-laki hendaknya semakin menjaga perempuan dan anak, karena mereka adalah pelindung keluarga,” pinta Dewi.

Dewi juga berharap, agar perwakilan atau peserta dari aparatur desa dan tokoh masyarakat dapat mendorong upaya-upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di setiap desa di Provinsi Kepri dan Kabupaten Bintan pada khususnya, untuk menjadi semakin efektif.

Baca Juga :   Pemko Batam Apresiasi Langkah Perusahaan Karantina TKA Baru

“Tokoh masyarakat menjadi teladan bagi warga masyarakat lainnya, dengan peran sangat strategis, kita berharap, tidak terjadi lagi kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Dewi.

Adapun narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis ini diantaranya, Pendamping Ahli UPTD PPA Provinsi Kepri Ahmad Husaini Sihr, Marlia Sari Dewi, dan Konselor Puspaga Gurindam Provinsi Kepri Yuli Munir.

Dalam kesempatan tersebut, para Narasumber memberikan tips dan trik upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, sehingga mudah diimplementasikan di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Hadir dalam acara pembukaan Pokja I Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bintan Mardhiah, dan ketua panitia kegiatan, yakni Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan DP3AP2KB Provinsi Kepri Memi Loma.

Baca Juga :   PERERAT KEMITRAAN, IKWADI KUNJUNGI MAPOLSEK MANDAU.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: DP3P2KB Provinsi Kepri