Gapoktan Talang Durian Cacar Terbentuk, Langkah Awal Menuju Sukses Bersama

Rengat, cMczone.com – Kebersamaan, kekompakan dan niat untuk maju bersama, gambaran inilah yang sedang terjadi didesa talang durian cacar, kecamatan rakit kulim. kelompok kelompok tani yang ada di desa talang durian cacar, bersepakat mengadakan pembentukan kepengurusan Gapoktan (gabungan kelompok tani) yg berada di desa talang durian cacar. Pada Kamis (6/1/22).

Dari 20 kelompok tani yang ada, berdasarkan musyawarah dan mufakat, menyetujui atas nama nama yang ditunjuk. harapan dari semua pengurus kelompok tani yang ada di desa talang durian cacar kepada pengurus Gapoktan , agar menjadi kepengurusan yang solid, transparan, dan saling koordinasi dengan semua kelompok tani yang ada.

Baca Juga :   Fakultas Hukum Universitas Islam Riau melalui Ikatan Mahasisa Hukum Bisnis Taja Seminar UMKM

Desa talang durian cacar yang sangat luas memiliki potensi alam yang   besar bagi orang orang yang mengetahui nya. di desa talang durian cacar, selama ini tidak pernah merasa terbina dari instansi dinas pertanian melalui PPL kecamatan yang ada.

“Maka dari itu di sini kami segenap kelompok tani yang ada di desa talang durian cacar memohon dengan sangat kepada dinas pertanian dan perkebunan, baik itu melalu BKP dll. kami kelompok tani butuh bantuan pembinaan, baik itu peternakan, perikanan  atau program program yang lainnya”sebut para hadirin rapat.

selain itu di dalam kelompok tani juga ada membentuk kelompok wanita tani (kwt), melalu media media yang ada di ketahui, banyak program program dari badan ketahanan pangan, seperti kawasan rumah pangan lestari, kwt kwt yang ada di desa talang durian cacar ,berharap BKP kabupaten inhu mau memberikan bantuan baik itu binaan kawasan rumah pangan lestari, karena [etani selama ini tidak pernah mengetahui tentang program program tsb.“semoga apa  yg kami harapkan dapat terwujud’ucap salah seorang petani.

Baca Juga :   Kades Talang Perigi : Semoga BLTDD Dimanfaatkan Sebaik Baiknya Oleh Masyarakat

Kades desa talang durian cacar nanang Wiranto mengapresiasi atas keinginan kegiatan kelompok kelompok tani yang ada, harapan kades Nanang Wiranto, semua kelompok tani yang ada agar aktif menjalankan apa apa yang seharusnya di lakukan, “selagi masih di dalam kepentingan masyarakat pertanian saya akan mendukungnya.dan apa apa yang menjadi tanggung jawab kelompok tani,saya berharap musyawarah dan mufakat bersama”ujar Kades.

Rusdi Bromi selaku Pembina GAPOKTAN TDC (Talang Durian Cacar) berharap, setelah terbentuknya Gapoktan TDC ini maka pengurus Gapoktan segeralah membuat Program Jangka Pendek, Jangka Menengah dan jangka Panjang. Semoga Gapoktan TDC dengan semangat kebersamaan, satu visi dan Misi, Selaras untuk kemajuan bersama. Semoga gapoktan TDC dapat menjadi barometer Kelompok Tani di Kabupaten Inhu.