Bersama Gubernur Kepri, Kapolri Tinjau Langsung Kesiapan Pelabuhan BBT Terima Wisman

Bintan, cMczone.com – Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi booster secara serentak di Hotel Natra Bintan Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Rabu (9/2/2022), Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, melanjutkan agenda kunjungan kerja menuju Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) untuk melihat kesiapan protokol kesehatan (prokes) alur penerimaan wisatawan mancanegara (wisman) dalam skema travel bubble Batam, Bintan-Singapura (BB-S).

Kapolri juga didampingi oleh Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung dan GM Bintan Resort Wahab, mengecek satu persatu alur yang akan dilalui oleh para wisman, mulai dari tes swab pcr setibanya wisman di Pelabuhan BBT, pengambilan blue pass, pengecekan suhu badan, hingga proses check-in aplikasi peduli lindungi melalui QR Code.

Sigit mengatakan, jika penerapan prokes selama travel bubble diterapkan perlu diseragamkan antara pintu masuk Bintan Resort dan juga pintu masuk Nongsa Point Marina.

Adanya penggunaan blue pass bagi wisman dan pekerja resort selama berada di dalam kawasan travel bubble juga dinilai Sigit sebagai inovasi yang bagus untuk melacak pergerakan wisman dan para pekerja.

“Saya kira ini bisa dipadukan, sehingga kemudian bisa memperkuat, namun di sisi lain tentunya kenyamanan para wisatawan yang datang bisa terjaga,” ujar Sigit.

Selain itu, Sigit juga mengarahkan, agar pergerakan keluar masuk wisman di dalam kawasan travel bubble selalu dipastikan dalam pengawasan.

Untuk itu, Sigit menekankan, agar penggunaan aplikasi pedulilindungi dan blue pass agar dapat dimaksimalkan.

Baca Juga :   Sandiaga-Ansar Tinjau Kampung Tua Bakau Serip yang Masuk 50 Besar ADWI 2022

“Tempat-tempat yang tingkat interaksinya tinggi harus kita pastikan sterilitasnya selalu terjaga, maka seluruh tamu dan wisatawan dalam kondisi yang sehat,” tambah Sigit.

Sigit yakin, melalui skema travel bubble BB-S maka pengembangan ekonomi pariwisata dapat berdampak naik sembari memastikan penularan virus Covid-19 dapat dicegah seminimal mungkin.

Turut mendampingi Kapolri dan Gubernur Kepri dalam peninjauan tersebut, Kapolda Kepri Irjen pol Aris Budiman, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya, dan Kadiv TIK Polri Irjen Pol Slamet Uliandi.

Editor: Budi Adriansyah