Kepri Bakal Punya Sirkuit F1, Ini Lokasinya

Bintan, cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, menghadiri rapat terbatas (ratas) bersama Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, dan sejumlah investor, Minggu (6/3/2022), di Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Ratas ini membicarakan berbagai persiapan terkait rencana groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Sirkuit F1 di Kabupaten Bintan.

Dikatakan Ansar, jika tidak ada perubahan,  groundbreaking akan dilakukan pada tanggal 17 Maret 2022 mendatang dan akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sebelum groundbreaking, Ansar bersama tim dan investor dari Kepri akan melakukan rapat final di Jakarta bersama tim kementerian.

Baca Juga :   BRC Cup 2022: Pemkab Bintan FC Hajar BRC All Stars di Laga Eksebisi

Menurut Ansar, hadirnya Sirkuit F1 di Bintan ini, nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya Indonesia yang akan mengalihkan perhatiannya ke Kepri, namun mata dunia akan tertuju ke Negeri Segantang Lada tersebut, khususnya Bintan.

“Kita akan punya nilai jual yang lebih dan otomatis akan berdampak pada perekonomian dan sebagainya,” kata Ansar.

Ansar menjelaskan, jika proyek sirkuit internasional dan bergengsi ini sudah melalui pengkajian tim konsultan dari Inggris.

Bahkan, manajemen Kawasan Wisata Lagoi, dalam hal ini PT Bintan Cakrawala Resort (BRC) juga telah menyiapkan lahan seluas 75 hingga 100 hektare untuk mewujudkan pembangunan sirkuit balap internasional di Kawasan Wisata Terpadu Lagoi.

Baca Juga :   Gubernur Kepri Buka Popda Ke-VIII 2022, Roby Kurniawan: Ajang Silaturahmi dan Prestasi bagi Pelajar...

Setidaknya, ada dua kawasan lahan yang disiapkan, yaitu berdekatan dengan Danau Lagoi Bay, dan di belakang Pantai Pasir Panjang dengan panorama pemandangan alam laut.

“Sirkuit F1 di Bintan ini akan dipercantik dengan keindahan alam Bintan, karena menawarkan view alam laut yang indah. In Shaa Allah, semuanya lancar, sirkuit ini menjadi salah satu ikon kita. Semua mata akan memandang kita, dan kita harus siap,” ujar Ansar.

Untuk diketahui, Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap FIA Formula One World Championship), adalah kelas tertinggi balap mobil kursi tunggal yang diatur oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA), badan yang mengatur olahraga mobil dunia. Formula Satu terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix.

Baca Juga :   WUGAMES 2019, Solok Sabet 2 Emas, 3 Perak dan 8 Perunggu

Ratas ini juga dihadiri oleh Sekda Bintan Adi Prihantara, Stafsus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan, Kadispora Kepri M Ihsan, Kadiskominfo Hasan, dan Kadispar Buralimar.

Editor: Budi Adriansyah