MoU IMI dengan Gallant Venture Pte Ltd: Sirkuit F1 Bintan Segera Terealisasi

Bintan, cMczone.com – Rencana pembangunan Bintan International Circuit (BIC) untuk balapan Formula One (F1) akan segera terealisasi, setelah ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat dan Gallant Venture Pte Ltd.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan CEO of Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park, yang disaksikan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, di Hitel Nirwana Gardens, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kamis (17/3/2022).

Ansar mengatakan, dibangunnya BIC, akan semakin menyemarakkan gelaran sport tourism di Kabupaten Bintan.

“Sebelum masa pandemi, hampir di setiap bulan sepanjang tahun ada even-even sport tourism internasional yang digelar di Kabupaten Bintan, adanya sirkuit ini tentu semakin mendukung dan mengundang wisatawan datang ke Kabupaten Bintan,” kata Ansar.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo, S.Pt Fasilitasi Festival Skateboard Payakumbuh 2023

Ansar mengungkapkan, dengan bentang alam dan pesisir pantai yang indah, akan membuat BIC mempunyai nilai jual yang tinggi dan menjadikan sirkuit ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

“Jika terbangun, sirkuit ini bisa melengkapi Kabupaten Bintan untuk menjadi mega resort in the world, kita akan mempunyai infrastruktur entertain kelas dunia,” kata Ansar.

Ditambah, dengan dibangunnya sirkuit ini, menurut Ansar, para investor akan semakin tertarik untuk menanamkan modalnya dengan membuka resor-resor dan hotel baru di Kawasan Kabupaten Bintan.

Pada kesempatan tersebut, Ansar mewakili masyarakat Kepri, juga menobatkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai ‘Bapak Otomotif Indonesia’.

“Presiden Jokowi, terbukti mampu membuat dunia otomotif Indonesia lebih baik dan semakin berkembang,” ucap Ansar.

Baca Juga :   BRC Cup 2022: Pemkab Bintan FC Hajar BRC All Stars di Laga Eksebisi

Sementara itu, Ketua Umum IMI Bamsot mengatakan, kesuksesan Sirkuit Mandalika, yang menggelar even MotoGP, membuat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi melesat dan bisa ditiru oleh Provinsi Kepri.

“Dampak ekonomi dengan adanya gelaran balapan tingkat dunia bisa langsung dirasakan instan, terlebih Kabupaten Bintan sudah lebih dulu terkenal dengan pariwisatanya,” kata Bamsoet.

Pria yang menjabat sebagai Ketua MPR-RI ini, juga mengarahkan, agar Pemerintah Daerah serta pengelola Bintan Resort bisa mengajak investor membuka hotel-hotel baru untuk mengakomodasi kamar yang akan ditempati oleh para wisatawan.

Adapun Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab menjelaskan, jika BIC akan dibangun di tiga calon lokasi. Ketiga calon lokasi sirkuit tersebut adalah Lagoi Bay, Kepri Bay, dan area Berakit.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Serahkan Bonus untuk Atlet dan Pelatih Berprestasi PON XX Papua 2021

Nantinya, konsultan dari Inggris, yaitu Populous akan menentukan lokasi yang paling tepat untuk dibangun Sirkuit F1 Bintan.

Abdul Wahab mengatakan, setiap lokasi dari ketiga tempat tersebut sama-sama menawarkan panorama alam yang indah. Diperkirakan sirkuit akan selesai dalam waktu dua tahun.

Usai penandatanganan MoU, Ansar bersama Bamsoet, Eugene Cho Park, dan Frans Gunara, melakukan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan BIC.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Kajati Kepri Gerry Yasid, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu, Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Rudi Pranoto, Kabinda Kepri Brigjen Pol. Riza Chelvian Gumay, dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Editor: Budi Adriansyah