Tanggapi Surat Gubernur Kepri, Pemerintah Pusat Izinkan Pembukaan Seluruh Entry Point Wisman di Kepri

Tanjungpinang, cMczone.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespon surat dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, tertanggal 15 Maret 2022 tentang Penyampaian Permohonan Usulan dalam Rangka Optimalisasi Kunjungan Wisman/PPLN Khusus di Kepulauan Riau.

Jokowi melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, secara lisan telah mengizinkan untuk membuka pintu-pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) di seluruh wilayah Kepri.

Hal tersebut, disampaikan oleh Budi kepada Ansar, melalui sambungan telepon pada Senin (21/3/2022). Dan kebijakan lisan tersebut, akan segera ditindaklanjuti melalui Surat Edaran.

“Secara lisan, Pak Menteri mengizinkan kita membuka seluruh pelabuhan internasional di seluruh Kepri untuk wisman. Dan ini, tentu saja menjadi angin segar bagi dunia pariwisata kita. Memang, sebelumnya kita sudah menyurati presiden terkait ini, agar kita bis membuka seluruh pelabuhan internasional yang ada,” ungkap Ansar.

Baca Juga :   Wisata Lembah Batang Mangkisi Balai Panjang Segera diresmikan, Wali Nagari : Terima Kasih Pak Iqbal PPP

Adapun salah satu poin di dalam surat Gubernur Kepri kepada Presiden tersebut adalah permohonan untuk memperluas wilayah pemberlakuan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) khusus, selain di Kota Batam dan Kabupaten Bintan, dengan menimbang penerapan travel bubble di kedua wilayah tersebut, karena realisasi kunjungan wisman-nya masih sangat kecil.

“Persetujuan secara lisan ini, akan segera ditindaklanjuti dengan Surat Edaran oleh Pemerintah Pusat. Bagaimana pun juga, untuk mengoptimalkan kunjungan wisman di Kepri, kita akan terus melakukan upaya-upaya yang memang perlu kita lakukan,” kata Ansar.

Dalam suratnya, Gubernur Kepri melaporkan realisasi angka kunjungan wisman/PPLN Khusus di Kota Batam dan Kabupaten Bintan pada periode 23 Februari-12 Maret 2022 untuk Kawasan Lagoi di Kabupaten Bintan hanya sebanyak 171 wisman dan untuk kawasan Nongsa di Kota Batam sebanyak 127 wisman.

Baca Juga :   Luar Biasa! Pemandangan 5 Gunung Sumatra Barat Dari Bukik Soriak Land Lembah Harau

Menyangkut kebijakan lisan dari Menteri Perhubungan terkait pembukaan entry poin bagi wisman di Kepri tersebut, Ansar memberi apresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang selalu mendukung penuh, agar percepatan pemulihan ekonomi di Kepri melalui sektor pariwisata dapat digesa.

“Perlu kita syukuri tentunya, karena dengan kebijakan ini, percepatan pemulihan sektor pariwisata kita akan dapat segera digesa. Jadi, tidak hanya terpusat di Kota Batam dan Kabupaten Bintan saja. Namun, seluruh wilayah Kepri dapat merasakan pertumbuhan kembali ekonomi melalui sektor pariwisata yang memang menjadi andalan kita,” tutup Ansar.

Editor: Budi Adriansyah