Festival Lomba Anak Sholeh Dan Penanda Tanganan Prasasti Gedung Baru Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat Oleh Bupati Limapuluh Kota dan Ustadz Abdul Somad 

Limapuluh Kota, cmczone.com- Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat yang berada di Jorong Guguak Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota telah berdiri sejak 13 Juli 2020 yang lalu.

Gedung baru Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat diresmikan oleh Bupati Limapuluh Kota dan Ustadz Abdul Somad (UAS).

Sebelumnya Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat memanfaatkan bangunan Rumah Gadang suku Caniago anak kemenakan Dt.Siamat sebagai Kelas untuk mengajarkan Qur’an kepada murid Tahfidz dan Tahfidziyah.

” Sekarang Alhamdulillah dengan diresmikannya Bangunan dua Lantai yang barusaja diresmikan dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Limapuluh Kota H.Safarudin Dt.Bandaro Rajo dan Ustadz Abdul Somad (UAS) pada hari Sabtu 26 Maret 2022 ” ungkap Ketua Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat H.Herman S Chan, SH MSP kepada awak media, Minggu Malam 27 Maret 2022.

Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat yang berada di bawah Yayasan Al-Fatah Dt.Siamat telah mempunyai murid Hafidz (Laki laki ) sebanyak 48 orang dan Murid Hafidzah (Perempuan) sebanyak 50 orang.

Baca Juga :   Sore Ini, Kapolri Akan Gelar Konferensi Pers Terkait Kabar Penangkapan Teddy Minahasa

10 Orang Hafidz mondok di Pondok karena berasal dari luar daerah, yakni dari: Mungka, Aceh, Padang, Padang Pariaman, Jambi. 88 murid lainnya berasal dari seputaran Kecamatan Guguak.

Semua Murid Tahfidz, baik Hafidz dan Hafidzah tidak dipungut biaya apapun alias gratis yang tentunya dengan tidak mengurangi kualitas pengajaran kepada para Calon Hafidz dan Hafidzah.

Adapun Guru Tahfidz yang qualified ada 4 orang. yakni dari tamatan pondok pesantren Temboro, Gontor dan pondok pesantren dari Solo.

Disamping itu Pondok Tahfidzul Qur’an Dt Siamat mengusung Visi-Misi, sbb :
Visi : Mencerdaskan Generasi Rabbani, Qur’ani, Hafidz dan Hafidzah Qur’an yang memiliki jiwa kemandirian, beraqidah dan berakhlak .
Misi :1. Mencetak generasi Qur’ani yang mandiri, berjiwa Da’i dan berwawasan luas.
2. Mendidik santri menjadi Hafidz Al Qur’an yang berakhlaqul karimah.
3. Membentuk Program Tahfidzul Qur’an dari usia dini.
4. Membentuk santri yang berjiwa IMTAQ dan menguasai IPTEK.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, pondok Tahfidzul Qur’an Dt. Siamat mengadakan Festival Anak Sholeh yang diikuti oleh anak anak dari Kecamatan Guguak dan sekitarnya, dengan kategori, sbb: Lomba Tahfidz, Lomba Ayat pendek, Lomba Azan, Lomba menyanyi Religi, Lomba mewarnai yang sudah diadakan selama 2 hari, dan hari ini Minggu 27 Maret 2022 adalah malam pemberian Hadiah dan sertifikat.

Baca Juga :   Diduga Kadisparpora Limapuluh Kota Ancam Wartawan Yang Menghubungi Untuk Mengais Informasi

Dalam sambutannya Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Limapuluh kota, H.Indrawati yang didampingi oleh Kadis DPMD Endra Amzar SH Dt.Putiah yang berkenan hadir pada Penyerahan Hadiah di Lapangan Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat: “Alhamdulillah kepada pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat yang telah mengadakan Festival Anak Sholeh dengan sukses dan Terima kasih kepada ketua Yayasan Al-Fatah Dt.Siamat yang merupakan ” urang rantau ” yang dengan ikhlas mendirikan Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat yang sangat bisa di integrasikan dengan Visi Misi Bupati Limapuluh Kota H.Safarudin Dt.Bandaro Rajo dalam mendidik generasi muda yang hafidz dan hafidzah Qur’an, Insyaallah! ” ungkap Buk Kadispen dan Pak Kadis DPMD Endra Amzar SH Dt.Putiah senada.

Wali Nagari Guguak VIII Koto Yosrizal, SH MH yang didampingi tokoh masyarakat yang dikenal dengan inisial Aat-guguak dalam narasinya menyampaikan: “Alhamdulillah Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat merupakan Pondok Tahfidz ke 4 di Nagari Guguak VIII Koto. Mudah mudahan Kedepan akan banyak lagi perantau perantau kita untuk berlomba lomba membangun kampuang. Dengan adanya pondok pondok Tahfidz di Nagari kita bisa menjadi kawah candradimuka sebagai media pencetak generasi yang akhlaqul Karimah kedepannya, selanjutnya Selamat bagi anak anak kami yang mendapatkan hadiah pada Festival Anak yang Sholeh ” pungkas mereka dalam keterangannya.

Baca Juga :   LSM LK-AEI Laporkan Bupati Limapuluh Kota ke Kejati Sumbar

Pembanguan Gedung Pondok Tahfidzul Qur’an Dt.Siamat tidak terlepas dari koordinasi yang erat antara Wali Nagari Guguak VIII Koto dan Pengurus Yayasan Al-Fatah Dt.Siamat yang terbukti pada tahun 2022 berdirilah Gedung Pondok Tahfidz dan menggelar Festival Anak Sholeh yang diharapkan bisa menjadi agenda tahunan yang tahun ini memperebutkan Trophi bergilir Wali Nagari dan Donatur dari Pengurus Yayasan beserta keluarga besar Anak kemenakan Dt. Siamat dan Insyaallah tahun depan akan meriah lagi.

Penulis: Sukrianto