HUT TNI-AU Ke-76, Ansar Ahmad: Momentum Evaluasi dan Reposisi Tugas Fungsi

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, menghadiri syukuran dalam rangka Peringatan Ke-76 Hari Ulang Tahun (HUT) TNI-AU Tahun 2022, di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Kamis (31/3/2022).

Acara disejalankan dengan giat vaksinasi Covid-19, serta penyerahan bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

HUT TNI-AU tahun ini, mengambil tema ‘Dengan Dilandasi Semangat Swa Bhuwana Paksa, TNI Angkatan Udara Siap Menjaga Keamanan Wilayah Udara dan Mendukung Program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional’.

Termasuk dalam rangkaian acaranya, direncanakan akan melaksanakan vaksinasi sebanyak 300 dosis, yang dikhususkan untuk vaksinasi booster dan pembagian 500 paket Sembako. Sebelumnya, pada Rabu (30/3/2022) Lanud RHF telah melaksanakan kegiatan donor darah.

Baca Juga :   Rusdi Bromi : Menurut Saya, Kasus KABASARNAS Adalah Kewenangan KPK

Ansar pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Kepri, menyampaikan selamat Hari TNI AU ke 76. Ansar berharap, ini akan menjadi momentum untuk terus mengevaluasi dan mereposisi tugas dan fungsi.

“Tupoksi kita tingkatkan sebagai bagian dari kekuatan negara yang bertugas menjaga kedaulatan udara khususnya, dan keutuhan NKRI pada umumnya,” ujar Ansar.

Ansar juga mengapresiasi TNI-AU yang selalu memperlihatkan pengabdiannya dalam menjaga keutuhan NKRI, di mana saat ini, Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi.

“Kalau diibaratkan perang, ini adalah perang jangka panjang, karena sudah lebih dari dua tahun kita memerangi pandemi Covid-19. Tak sedikit pandemi ini menguras waktu, energi dan pikiran kita. Tapi, kita bersyukur, kita berhasil menanganinya dengan baik,” kata Ansar.

Baca Juga :   Bersama BRI dan BNI, Brigjen Jimmy Berbagi Kasih Kepada Pejuang NKRI (LVRI)

Menurut Ansar, keberhasilan menangani pandemi ini, tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, termasuk TNI-AU, yang konsisten melaksanakan vaksinasi, di mana, sempena hari ulang tahun ini pun menjadikan vaksinasi sebagai salah satu agendanya.

“Kegiatan Bansos, juga patut kita apresiasi, disaat situasi sulit seperti saat ini, kita harus memperbanyak aksi-aksi sosial. Di sisi lain, kita akan terus mengontrol kecukupan bahan pokok bagi masyarakat. Maka, tim pengendali harga kita gerakan untuk mengontrol harga pasar, apalagi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini,” tutup Ansar.

Sementara itu, Danlanud RHF Donie Prihandono mengatakan, peringatan Ke-76 HUT TNI-AU Tahun 2022 ini, merupakan upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan dan pengabdian sejak awal kelahiran TNI-AU.

Baca Juga :   Gubernur dan Wakapolda Kepri Hadiri Dialog Kerukunan Umat Beragama

“Lanud RHF, dalam rangka mendukung Pemprov Kepri menanggulangi Covid-19, juga telah telah melaksanakan vaksinasi masyarakat di wilayah Tanjungpinang dan Bintan sebanya 10.666 dosis, dengan rincian dosis 1 sebanyak 5.259 dosis atau 45,3 persen, dosis 2 sebanyak 4.798 dosis atau 44,98 persen, dan dosis 3 sebanyak 609 dosis atau 5,70 persen,” papar Donie.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kaskogabwilhan I Lismer Lumban Siantar, Irwasda Polda Kepri Rudi Syarifuddin, Dandim 0315/ Tanjungpinang Tommy Anderson, Dansatrol Lantamal IV Mandri Kartono, Plh Asisten Pidana Khusus Kejati Kepri Beni Siswanto, Wawako Tanjungpinang Endang Abdullah, Staf Khusus Gubernur Kepri Suyono, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhammad Bisri, Kepala BPBD Kepri M Hasbi, dan masyarakat penerima vaksin dan Bansos.

Editor: Budi Adriansyah