Ansar Ahmad Pastikan Turis Singapura Masuk ke Kepri Tanpa Tes PCR

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad memastikan, bahwa dalam waktu dekat, wisatawan dari Singapura yang ingin berlibur ke Kepri tidak perlu lagi melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR), di pintu masuk pelabuhan.

Kepastian tersebut didapat Ansar, saat melakukan kunjungan ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto, melalui Deputi III Bidang Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setyawan, dan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Rustian, menyampaikan, bila BNPB akan segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mengatur tentang syarat masuk wisatawan dari Singapura khusus ke Kepri.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Tinjau Rencana Penataan Kawasan Wisata Sei Enam

Meskipun wisatawan dari Singapura tidak lagi perlu melakukan tes PCR, namun kewajiban untuk melakukan tes Antigen tetap diberlakukan.

Ansar mengatakan, pemberlakuan hanya tes Antigen bagi wisatawan Singapura akan berlaku di semua pintu masuk internasional di Kepri.

“Hal ini tentunya, merupakan kabar baik, agar wisatawan Singapura lebih tertarik berlibur ke Kepri, karena syaratnya semakin memudahkan mereka,” ujar Ansar.

Menurut Ansar, alasan tidak perlu diberlakukannya tes PCR dan hanya perlu tes rapid antigen bagi wisatawan Singapura disebabkan karena, negara Singapura juga hanya mensyaratkan tes rapid antigen bagi wisatawan yang masuk ke negara itu.

Nantinya, usai SE dari Kepala BNPB yang mengatur tentang pemberlakuan masuk wisatawan Singapura ke Kepri sudah keluar, Ansar juga akan mengeluarkan SE serupa, agar wisatawan Singapura dapat segera berlibur ke Kepri dengan kemudahan dan membangkitkan kembali pariwisata di Kepri.

Baca Juga :   Sandiaga Sebut Travel Bubble Segera Dibuka: Pengumuman Resmi 24 Januari 2022

“Mengembalikan kejayaan dunia pariwisata di Kepri adalah hal yang sedang kita gesa. Upaya koordinasi, komunikasi, konsultasi dan cara lainnya, terkait kebijakan regulasi kita lakukan. Kita ingin, agar aturan wisawatan masuk ke Kepri dipermudah. Dan dengan tidak perlu PCR atau hanya cukup antigen bagis wisman yang datang ke Kepri, ini adalah kebijakan baru pemerintah,” kata Ansar.

Untuk memaksimalkan pintu masuk bagi wisatawan dari Singapura, Ansar juga meminta, agar Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun, agar segera membuka jalur dari Singapura dan Malaysia.

Editor: Budi Adriansyah