Ansar Ahmad-Abdul Haris: Temui Wamendag Bahas Pembangunan Pasar Ikan di KKA

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, akan serius untuk memastikan pembangunan Pasar Loka dan Pasar Ikan di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat.

Ansar membawa langsung Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, untuk menemui Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

“Saya dan Pak Abdul Haris, menyampaikan secara langsung surat permohonan kami untuk pembangunan pasar di Anambas. Supaya Pemerintah Pusat tahu, kalau kami Pemerintah Daerah (Pemda), sangat serius menginginkan adanya pembangunan infrastruktur di Anambas,” ujar Ansar.

Keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas untuk pembangunan pasar ikan ini bukan tanpa sebab, potensi perikanan di Anambas yang memiliki bentang laut lepas dan dekat dengan Laut Cina Selatan sangat masif.

Baca Juga :   Terkait Penanganan Banjir, Roby Kurniawan Sebut Perlu 'Duduk' bersama BWS

Melansir data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi perikanan tangkap menurut jenis komoditi di KKA, pada Tahun 2021 mencapai 21.110 ton dengan akumulasi nilai sekitar Rp. 470 miliar.

Karena itulah, pembangunan pasar ikan di KKA, diyakini Ansar, akan semakin mengangkat nilai ekonomi perikanan, dengan semakin lengkapnya infrastruktur pendukung.

“Kita memproyeksikan Anambas bisa menjadi lumbung ikan di Bagian Barat Indonesia, karena memang potensi perikanan sangat masif, apabila dimaksimalkan secara serius,” kata Ansar.

Tidak hanya kepada Menteri Perdagangan, surat yang dibawa Ansar dan Abdul Haris, juga ditujukan untuk masing-masing Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Baca Juga :   Ansar Ahmad Tinjau Pedestarian Jalan Bandara RHF: Berkhas Bunga Sakura, Bunga Tanjung dan Pohon Pinang...

Editor: Budi Adriansyah