Entry Point Wisman di Kepri Bertambah: Pelabuhan, Jalur Udara Juga Ikut Dibuka

cMczone.com – Rencana Pemerintah Pusat untuk membuka lebih banyak pintu masuk (entry point) bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Indonesia, termasuk Kepulauan Riau (Kepri), akhirnya resmi direalisasikan.

Kepastian tersebut diatur melalui Surat Edaran (SE) Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 17 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

SE yang ditandatangani oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, pada Selasa (5/4/2022) yang lalu ini, mengatur secara rinci pintu masuk mana saja yang dibolehkan dibuka untuk menerima kunjungan PPLN ke Indonesia, termasuk para wisatawan mancanegara.

Untuk itu, per 5 April 2022, di Kepri, selain Bandar Bintan Telani, Kabupaten Bintan dan Nongsa Sensation, Kota Batam, yang telah lebih dahulu dibuka untuk wisman dalam kerangka travel bubble, melalui SE tersebut seluruh entry point pelabuhan bagi PPLN di Wilayah Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun, telah diizinkan untuk menerima PPLN masuk ke Wilayah Kepri.

Baca Juga :   Harbour Front Dibuka, Ansar Ahmad Minta Operator Kapal Cepat Kepri-Singapura Sesuaikan Harga

Kemudian, selain melalui jalur laut, dua entry point jalur udara di Kepri, yakni Bandara Hang Nadim, Kota Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF), Kota Tanjungpinang, juga telah diizinkan untuk dibuka sebagai pintu masuk PPLN.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, sebelumnya telah beberapa kali menggelar rapat koordinasi pembukaan pintu masuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri.

Dalam rapat-rapat tersebut, Ansar meminta seluruh pengelola pintu masuk untuk menyiapkan fasilitas penyambutan wisman.

“Fasilitas penyambutan tersebut, mulai dari ketersediaan tempat dan petugas yang akan melakukan test Polymerase Chain Reaction (PCR), petugas penerima pembayaran Visa on Arrival (VoA), tempat isolasi, hingga rumah sakit rujukan bila diperlukan suatu tindakan medis lebih jauh” kata Ansar, di Gedung Graha Kepri, Kota Batam, Selasa (22/3/2022) yang lalu.

Baca Juga :   Tanggapi Surat Gubernur Kepri, Pemerintah Pusat Izinkan Pembukaan Seluruh Entry Point Wisman di Kepri

Ditambahkan Ansar, setidaknya fasilitas penyambutan wisman di entry point yang telah ditunjuk pemerintah tersebut, sama dengan yang telah diterapkan di Pelabuhan Nongsa Sensation, Kota Batam dan Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan.

Di sisi lain, Ansar juga terus menggesa percepatan vaksinasi dosis 3 atau booster di Kepri yang sampai tanggal 5 April 2022 telah mencapai 31,65 persen.

“Vaksinasi booster terus kita kejar, agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat terus terbentuk. Ini untuk melindungi masyarakat kita, dan juga wisman yang akan berkunjung ke Kepri. Selanjutnya, akan memberikan kepercayaan semua pihak, termasuk negeri jiran Singapura dan Malaysia,” ungkap Ansar.

Ansar juga telah meminta bantuan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) di Singapura, untuk melobi Pemerintah Singapura, agar mencabut batas kuota warganya yang akan berlibur.

Baca Juga :   Kunjungan Wisman Relatif Kecil, Ansar Ahmad Surati 3 Menteri

“Kita juga telah meminta Pemerintah Singapura, untuk tidak membatasi kouta bagi warga negaranya yang akan berkunjung ke Kepri. Jika saat ini masih membatasi di kisaran 350 orang per pekan, kita minta ke depan tidak ada lagi pembatasan kuota,” harap Ansar.

Editor: Budi Adriansyah