Safari Subuh Ansar Ahmad di Bengkong Laut: Berharap Keberkahan untuk Kepri

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, kembali melanjutkan rangkaian Safari Ramadhan dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah, sekaligus memberikan Tausiyah di Masjid Asy-Syuhada, Bengkong Laut, Kota Batam, Minggu (17/4/2022).

Ansar hadir didampingi oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri. Terlihat juga Wakil Ketua DPRD Kota Batam Yunus Muda, Kepala Bank Bukopin Kota Tanjungpinang dan jamaah lainnya.

Ansar mengawali Tausiyah Subuh-nya dengan mengangkat cerita tentang sebuah negeri bernama Saba yang dipimpin oleh Ratu Balqis.

Saba adalah sebuah negeri yang makmur, tapi masyarakatnya ingkar kepada Allah SWT, karena menyembah Matahari.

Sampai kemudian, Nabiyullah Sulaiman AS, diutus Allah SWT, untuk mengajak Negeri Saba yang dipimpin Ratu Balqis, agar mau menyembah Allah SWT serta beriman hanya kepada-Nya.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Sampaikan Program Pemprov Kepri, Salah Satunya Benahi Kota Tanjungpinang

Seruan tersebut bersambut dengan berimannya Ratu Balqis. Tapi diakhir perjalanannya, masyarakat Negeri Saba kembali kepada ajaran lama yang menyembah Matahari. Sampai kemudian, Allah SWT menghancurkan Negeri Saba sehancur-hancurnya, sehingga Negeri Saba lenyap dan hilang dari peradaban saat itu.

Ada pun Iktibar atau Pelajaran yang bisa di ambil dari kisah ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia adalah, bagaimana masyarakat tetap harus beriman dan bertaqwa hanya kepada Allah SWT, taat pada setiap perintah dan menjauhi larangannya, agar keberkahan senantiasa tercurah.

Dijelaskan Ansar, keberkahan bisa dihadirkan mana kala sebuah bangsa, masyarakat senantiasa taat dan berprilaku terpuji, baik kepada Allah SWT mau pun sesama manusia. Karena, ketika ini bisa  dilakukan, maka akan hadir hubungan keharmonisan antar sesama.

Baca Juga :   Ustadz Das'ad Latif Tausiyah di Bintan: Jadikan Rasulullah sebagai Sumber Keteladanan...

“Dan keharmonisan ini akan menciptakan kenyamanan di tengah bermasyarakat. Sehingga, masyarakat bisa beraktifitas dengan tenang aman dan juga nyaman, termasuk dalam aktifitas beribadah,” jelas Ansar.

Karenanya, lanjut Ansar, sebagai sebuah bangsa, Ansar mengajak kepada semua, terutama kaum muslimin untuk selalu berprilaku baik, bersikap baik dan senantiasa menjaga Ukhuwah Islamiyah, termasuk bersikap baik kepada agama dan umat lain, agar terus terjaga.

“Selaku pemimpin yang mendapat amanah dari masyarakat, saya tak lupa meminta doa dan dukungan dari bapak/ibu semua, agar dapat membawa Kepri makin baik ke depannya,” ujar Ansar.

Diakhir Tausiyah Subuh-nya, Ansar juga menyampaikan beberapa program pembangunan yang terus dilakukan. Mulai dari mendorong majunya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pariwisata, pendidikan, kesehatan,  pembangunan infrastruktur Jembatan Batam-Bintan, sampai rencana pembangunan Rumah Singgah di Jakarta dan Sekupang, Kota Batam.

Baca Juga :   SE Gubernur Kepri Soal Ramadhan 1443 H: Masyarakat Dapat Beribadah di Tempat Ibadah

Editor: Budi Adriansyah