Diduga, Duit Beli Kondom BKKBN Provinsi Jambi Terindikasi Dikorupsi

cMczone.com – Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi didemo oleh DPP LSM Mappan terkait realisasi, pengusulan anggaran sampai dengan evaluasi penggunaan dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) pada Kamis, 21/4 2022.

Dalam orasinya Hadi Prabowo, Sekjen DPP LSM Mappan meneriakkan, kami mendapatkan data bahwa di tahun anggaran 2021, Dana Alokasi Khusus yang diperuntukkan untuk Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) yang dikelola oleh BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi itu senilai 36 Milliar.

Sementara dalam Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan dana bantuan operasional keluarga berencana tahun anggaran 2021, terdapat berbagai macam peruntukan dana BOKB.

“Dalam juknis BOKB yang kami baca ini peruntukannnya macam-macam, untuk suntik KB, untuk pil KB, untuk kondom. Dalam juknis disebut Alkon atau alat kontrasepsi. Nah, bantuan alat kontrasepsi, itu tertera di dalam juknis tahun anggaran 2021. Kan gilo ini, kalau cuman untuk beli kondom, suntik KB, dan kawan-kawannya nilainya sampai 36M,” kata Sekjen DPP LSM Mappan Hadi Prabowo, Kamis 21, April 2021.

Baca Juga :   Terkait Covid-19, Petugas Call Centre 112 Pemko Batam Siap 24 Jam

Namun, ternyata serapan anggaran tersebut tergolong rendah. Berdasarkan temuan Hadi Prabowo, dari total anggaran 36 M lebih itu. Masih terdapat sisa anggaran sebilai 9 M. Hal tersebut pun menjadi bahan tertawaan ssjumlah massa LSM yang sedang melangsungkan aksi di kantor BKKBN Provinsi Jambi.

“Dak abis pula anggaran tahun 2021 itu, masih sisa 9 M. Ngeri untuk beli kondom sekali pake crot gitu kan 36 M. Tahun ini meningkat jadi 41M, sedangkan tahun kemarin itu masih belum habis untuk beli kondom ini, tahun ini naik,” kata Hadi Prabowo.

Berdasarkan sejumlah temuan pun, DPP LSM Mappan, menduga bahwa realisasi dan pelaporan yang dilakukan oleh faskes yang berkerja sama atau yang teregistrasi oleh BKKBN ini sarat manipulasi.

Baca Juga :   Selain MCK, DPUPRKP Sula Akan Tinjau Sejumlah Proyek Yang Bermasalah

“Hari ini riln ya orang mau suntik KB di Puskesmas ini bayar kok, bukan ga bayar, kalau kita lihat dari bantuan operasional berdasarkan juknis. i
Itu gratis ga ada bayar-bayar. Sekarang pasang implan bayar, suntik KB bayar, beli kondom apalagi. Bayar. Ini real ya pak, ini faktanya di lapangan,” ujar Hadi Prabowo.

Anggaran, lanjut Hadi, dari sini ternyata ada. Yang kedua, dana 36,4m tahun anggaran 2021 itu dialokasikan kepada 300 akseptor. Nah besaran anggaran penerima bantuan itu. siapapun sekarang yang datang ke Puskesmas atau bidan desa seharunya ga perlu bayar kalau ini ada anggaran, karena jelas di Juknis Itu diatur.

“Setiap faskes itu hanya bisa menerima penerima manfaat akseptor namanya (penerima manfaat) dengan budget 100 ribu per hari untuk 3 orang berarti 30.000. Kalikan 304 faskes yang teregistrasi di BKKBN,” katanya.

Baca Juga :   Terpilih di Pemira, Guntur dan Maulana Nakhodai BEM FH UIR Periode 2019-2020

Makanya, kata dia, kami tulis dugaan korupsi duit kondom tahun anggaran 2021 dari nilai 36 M masih sisa 9 M.

‘Duit beli kondom kamu bagi-bagi? Dan sudah dikasih anggaran untuk beli kondom kamu dak pacak ngabiskannya, karena kenapa jangan-jangan ini nama-nama penerima atau akseptor ini fiktif. Jangan-jangan, nama akseptor penerima dari anggaran yang sudah disediakan oleh BKKBN ini fiktif dampaknya kawan-kawan semua semenjak covid melanda anaknya pada bertambah semua.

“Sekarang dan itu tahun 2021 saja tidak bisa dihabiskan, kok malah anggaran 2022 ditambahi. Apapaan itu?” kata Hadi.(Edy)