Pemprov Kepri Tempatkan 50 Ustadz di Daerah Perbatasan

cMczone.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), sebagaimana dikatakan oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, telah menempatkan ustadz atau da’i di daerah perbatasan dan pulau-pulau terpencil di Provinsi Kepri.

“Tahun ini kita sudah menempatkan 50 ustadz di pulau-pulau terpencil. Kita kontrak mereka selama satu tahun. Kenapa kita kontrak mereka? Untuk menjaga masyarakat kita di wilayah terpencil, untuk menjaga akidah mereka, mendorong iman mereka agar tidak goyah dalam situasi seperti ini,” ungkap Ansar, pada kegiatan Safari Subuh di Masjid Al-Munawwarah, Anggrek Sari, Kota Batam, Selasa (26/4/2022).

Menurut Ansar, tidak sedikit masyarakat terdampak psikologis, seperti putus asa atau depresi, dipengaruhi faktor ekonomi atau permasalahan lainnya.

Baca Juga :   Safari Ramadhan di Masjid Muthmainnah, Ansar Ahmad Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Ibadah

“Kita perlu menjaga masyarakat kita, dan harus peduli dengan kondisi mereka yang dalam kesusahan,” tambah Ansar.

Selain bertugas memperkuat keimanan dan mental masyarakat, lanjut Ansar, da’i yang ditempatkan di kawasan terpencil ini, juga ditugaskan mendata masjid atau mushala yang kondisinya dianggap kurang layak.

“Saya juga akan memberikan bantuan untuk masjid di pulau-pulau terpencil supaya masyarakat bisa beribadah dengan baik,” kata Ansar.

Dalam kesempatan ini, Ansar juga menjelaskan, jika Pemprov Kepri pada tahun ini menyediakan bantuan pendidikan untuk SMA, SMK dan SLB. Bantuan dimaksud dibagikan kepada sekolah yang membutuhkan.

“Kita buat standar operasioanal supaya tepat sasaran. Termasuk bea siswa bagi mahasiswa,” jelas Ansar.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Minta MUI Terus Bimbing Mualaf di Kepri

Ansar berharap doa dari masyarakat Kepri untuk kelancaran upaya pembangunan Jembatan Batam-Bintan.

“Saya akan mengupayakan semaksimal mungkin, karena anggarannya lebih dari Rp. 13 triliyun. Jadi mohon doanya masyarakat semua, mudah-mudahan doa kita dikabulkan oleh Allah SWT,” ujar Ansar.

Mantan Bupati Bintan dua periode ini mengingatkan, jika setelah lebaran ini akan dilaksanakan penyerahan bantuan operasioanl Posyandu masing-masing Rp. 5 juta.

“Menjadi pemimpin tidak boleh emosional. Pemimpin harus sabar. Tetap semangat. Kita berdoa semoga ibadah Ramadhan kita diterima Allah. Tetap istiqomah,” tutup Ansar.

Turut hadir mendampingi Gubernur Kepri, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Ketua/Pengurus Yayasan dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Munawwarah.

Baca Juga :   Ansar-Dewi Lepas JCH BKMT Kota Tanjungpinang 2022

Editor: Budi Adriansyah