Korem 033/WP Akan Bangun Kodim Baru di 3 Kabupaten

cMczone.com – Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, akan membangun tiga Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) baru di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Adapun Satuan Kodim tersebut adalah Kodim Lingga, Kodim Bintan dan Kodim Anambas.

Menurut Jimmy, wilayah Provinsi Kepri yang hampir 96% di kelilingi oleh lautan dan terdiri dari pulau-pulau yang tersebar, dan dalam rangka memperkuat pertahanan dan keamanan diperlukan adanya Satuan TNI-AD setingkat Kodim di tiap-tiap Wilayah Kabupaten/Kota.

“Selama ini hanya terdapat 4 Satuan Kodim yang membawahi wilayah 7 Kabupaten/Kota di seluruh Kepri,” kata Jimmy.

Rencana pembangunan tiga Kodim baru ini merupakan hasil dari proses koordinasi yang panjang oleh Danrem 033/WP bersama para Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat.

Baca Juga :   Puluhan Kendaraan Terjaring Razia, AKP Made Putra: Kesadaran Masyarakat Tertib Berlalu lintas Masih Kurang...

Dan dalam rangka menjaga keamanan wilayah, kata Jimmy, dan juga untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama yang berada di Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Dengan adanya rencana pembangunan Kodim ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Kepri. Ini juga sudah menjadi program TNI-AD demi mencapai keamanan di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Jimmy.

Untuk rencana pembangunan Kodim Lingga sendiri, Jimmy bersama dengan mantan Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, telah berkoordinasi secara aktif dan intensif dengan Bupati Lingga Muhammad Nizar, sehingga Pemerintah Kabupaten Lingga bersedia secara sukarela memberikan dukungan anggaran dana hibah sebesar Rp 1,5 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022 yang akan digunakan untuk tujuan pematangan lahan atau land clearing dalam mempercepat proses terwujudnya pembangunan Kodim Lingga.

Baca Juga :   Pemudik ke Tambelan dan Kalbar Padat, AKBP Tidar: Petugas Harus Bekerja Keras

Jimmy berharap dengan kerjasama ini dapat mempererat sinergitas dan soliditas diantara FKPD di setiap kabupaten/kota serta dapat terus saling menjaga tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Penrem 033/WP