LiveNews

Brigjen TNI Jimmy Hadiri Pembukaan TMMD Kodim 0315/Tanjungpinang Ke-113

cMczone.com – Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0315/Tanjungpinang yang ke 113 Tahun 2022, Rabu (11/5/2022).

Pembukaan TMMD tersebut bertempat di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, dan dilanjutkan dengan pencanangan aksi pembersihan pantai, pelabuhan serta obyek wisata.

“Intinya TNI Manunggal Membangun Desa ini semua komponen, khususnya, baik itu dari TNI-AD, AL, AU dan Polri serta seluruh masyarakat bergabung bersama sesuai dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 di mana dikatakan dalam operasi militer selain perang disebutkan kita membantu Pemerintah Daerah itulah salah satu wujudnya,” ungkap Jimmy.

Selain pembangunan fisik, lanjut Jimmy, ada juga non fisik yang berkolaborasi dengan dinas terkait termasuk Dinas Kesehatan dalam hal pengentasan masalah stunting.

Jimmy mengatakan, bahwa tujuan dari aksi pembersihan pantai, pelabuhan serta obyek wisata ini adalah untuk mengembalikan kejayaan obyek pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang meredup akibat pandemi Covid-19.

Menurut Jimmy, juga untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Kuartal II di Wilayah Provinsi Kepri dengan harapan lingkungan yang bersih, sehat dan indah dapat menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik di masa depan.

“Seiring meningkatnya imunitas masyarakat Kepri, jumlah wisatawan yang ingin menikmati indahnya Provinsi Kepri juga turut semakin bertambah. Namun dalam beberapa tahun, di masa pandemi ini menyisakan lingkungan yang kotor dan tidak terawat menjadikan keadaan kurang mendukung di sektor pariwisata. Untuk itu saya mengajak TNI-Polri dan masyarakat bersama Forkopimda mari bersama-sama kita bangkit bergotong-royong membersihkan lingkungan demi mengembalikan kejayaan pariwisata di Wilayah Provinsi Kepri ini,” jelas Jimmy.

Pembersihan pantai, pelabuhan dan tempat wisata yang digagas oleh Jimmy, sejatinya merupakan bentuk operasi kemanusiaan yang membutuhkan kerjasama seluruh komponen masyarakat yang meliputi TNI, Polri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para Tokoh Masyarakat serta dilaksanakan secara lintas sektoral.

Seperti Program Citarum Harum yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Jimmy, meskipun akan memakan waktu yang panjang namun apabila dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan tentu akan berdampak positif bagi kehidupan sosial dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Karena kebersihan lingkungan merupakan termasuk syarat utama dalam mendorong sektor pariwisata di Provinsi Kepri,” kata Jimmy.

Sementara, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak mengatakan, TMMD ini merupakan bentuk perwujudan bahwa TNI ada di tengah-tengah masyarakat.

“Secara nonfisik kegiatan ini membentuk kekuatan nasional dan secara fisik ada insfratruktur yang di bangun untuk mempermudah akses masyarakat serta untuk pemulihan ekonomi nasional,” kata Jumaga.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Penrem 033/WP

Exit mobile version