Menkes dan Gubernur Kepri Tinjau Langsung Imunisasi Anak di Kampung Bulang

cMczone.com – Melanjutkan rangkaian pencanangan Bulan Imunisasi anak Nasional (BIAN), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, meninjau jalannya imunisasi anak di Posyandu Mawar, Kelurahan Kampung Bulang, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Rabu (18/5/2022). Turut serta Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari.

Budi menyaksikan proses imunisasi polio ke salah satu anak di Posyandu tersebut, juga menenangkan sang anak yang digendong ibunya.

Pria yang akrab disapa BGS ini mengapresiasi kinerja Gubernur Kepri dan jajaran yang bekerja keras menurunkan pandemi Covid-19 di Kepri dengan menggencarkan vaksinasi. Menurut Budi, akibat meredanya Covid-19 di Kepri, imunisasi anak di Posyandu bisa segera dilakukan.

Baca Juga :   Pemprov Kepri Dukung Penuh Perguruan Tinggi di Kepri untuk Turunkan Angka Stunting

“Kepri termasuk salah satu provinsi yang angka covid-nya cepat mereda, jadi kita bisa juga cepat memulai imunisasi anak di sini,” kata Budi.

Budi berharap, seluruh anak-anak di Provinsi Kepri bisa sehat dengan mendapatkan imunisasi. Imunisasi menjadi upaya perlindungan utama bagi anak-anak dari kerentanan terkena penyakit, seperti campak dan polio.

“Semoga anak-anak di Kepri sehat semua, imunisasi anak sangat penting untuk melindungi mereka,” ujar Budi.

Di Posyandu Mawar, hari ini terdata ada 50 orang anak yang akan diberikan imunisasi. Tidak hanya imunisasi, Posyandu yang melayani 3 RT di RW 10 Kelurahan Kampung Bulang tersebut juga rutin memberikan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan penyuluhan Keluarga Berencana (KB).

Baca Juga :   Pemprov Kepri akan Galakkan Konsumsi TTD Secara Rutin di Seluruh Sekolah...

Imunisasi di Posyandu Mawar hari ini juga turut disaksikan oleh Chief of Health UNICEF Indonesia Sowmya Kadandale. Kehadiran UNICEF Indonesia menurut Kepala UNICEF Kantor Perwakilan Aceh Andi Yoga Tama adalah sebagai bentuk dukungan UNICEF yang sangat memberikan perhatian ke kesehatan anak-anak di Indonesia, khususnya dalam cakupan vaksinasi dan imunisasi.

“Kami sangat mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk melaksanakan program BIAN ini sebagai percepatan untuk memperluas cakupan vaksinasi anak-anak,” kata Andi.

Kantor UNICEF Perwakilan Aceh meliputi seluruh provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Kantor UNICEF Perwakilan Aceh juga menempatkan satu orang konsultan di setiap Dinas Kesehatan masing-masing Provinsi di Sumatera untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal kesehatan.

Baca Juga :   Forsiladi Kepri untuk Wadah Pemikiran Pembangunan Daerah

Sementara Lurah Kampung Bulang Roni Syaputra, sangat bersyukur dan bangga karena pencanangan BIAN di tempatkan di Kelurahan Kampung Bulang.

“Warga masyarakat juga sangat antusias dengan pencanangan BIAN yang dilaksanakan di Kampung Bulang ini,” kata Roni.

Turut serta dalam peninjauan tersebut, Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Maxi Rein, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang Agung Wira Dharma, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M Bisri, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Elfiani Sandri dan Lurah Kampung Bulang Roni Syaputra.

Editor: Budi Adriansyah