Dewi Kumalasari Monitoring BIAN di Bintan: Capai Target Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap

cMczone.com – Dalam rangka meningkatkan capaian cakupan imunisasi dasar dan lanjutan serta terlaksananya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari, melakukan monitoring dan sosialisasi Kegiatan BIAN, di Posyandu Dahlia Indah, Kijang Kota, Kabupaten Bintan, Kamis (16/6/2022).

Sosialisasi BIAN 2022 ini merupakan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan BIAN yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan target capaian imunisasi.

Beberapa kegiatan yang sudah dan akan dilakukan adalah Sosialiasi BIAN 2022 kepada seluruh Perangkat Daerah terkait, Sosialisasi Alur dan Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) dan dilanjutkan Kick Off BIAN yang telah diresmikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pada 30 Mei 2022 yang lalu.

Baca Juga :   Cegah Kanker, Dewi Kumalasari Ajak Masyarakat Jalani Pola Hidup Sehat...

Jumlah peserta yang mengikuti Kegiatan Imunisasi Anak ini berjumlah 40 Balita ditambah anak-anak PAUD berjumlah 20 anak dengan total 60 anak. Target sasaran tahap 1 anak dengan rentang usia 9 bulan-12 tahun.

Dewi menyampaikan, imunisasi menjadi hal yang sangat dasar dalam meningkatkan imunitas bagi anak-anak. Sehingga imunisasi dasar lengkap menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam memberikan pelayanan imunisasi pada anak.

“Dengan begitu, imunisasi ini, begitu penting sekali untuk menangkal penyakit yang memang menyerang anak-anak, dan ini adalah cara kita untuk menurunkan kasus dan rantai penularan penyakit dengan upaya pencegahan dengan imunisasi,” kata Dewi.

Dewi mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan anak-anak mendapatkan imunisasi lengkap guna mencegah penyakit, karena generasi muda yang sehat dan kuat adalah penerus bangsa dan negara.

Baca Juga :   Usai Nataru Kasus Covid-19 di Kepri Naik? Ini Penjelasan Ansar Ahmad

“Saya harap, para orang tua aktif dalam setiap kegiatan anak, terutama imunisasi anak yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit menular, agar mereka tumbuh dengan baik, karena mereka adalah harapan Bangsa,” tutup Dewi.

Dalam Kegiatan ini, Dewi juga membagikan perlengkapan berupa masker dan sanitizer kepada para anggota Posyandu Dahlia Indah dan juga membagikan perlengkapan bayi kepada Balita yang mengikuti Imunisasi.

Usai menyampaikan sambutannya, Dewi meninjau langsung proses imunisasi anak di Posyandu tersebut.

Editor: Budi Adriansyah