Berita  

Santiang !! Mamak-Kamanakan Pimpin Dua Nagari di Dua Kecamatan, Salah Satunya Malah Kampungnya Bupati Limapuluh Kota..

Cmczone.com- Pemilihan wali nagari (Pilwana) pada tanggal 25 Mei 2022 dilakukan oleh 70 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota.

Hari ini Jumat 01 Juli 2022, 68 wali nagari terpilih dilantik oleh Bupati Limapuluh Kota, Safarudin Dt.Bandaro Rajo di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, di Bukik Limau Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota, karena ada sesuatu dan lain hal 2 Wali Nagari menyusul untuk dilantik.

Dari 68 Wali Nagari yang dilantik ada 2 Wali Nagari yang layak diberikan Bintang ! Bagaimana tidak, yang satu adalah Mamak (Paman) bernama Depi Surya dilantik menjadi Wali Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh, sedangkan Kamanakannya (Ponakan) Aprional dilantik menjadi Wali Nagari Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan.

Baca Juga :   Para Guru Jangan Lewatkan Ini! Kemdikbud Luncurkan Program Peningkatan Kompetensi TIK untuk Seluruh Pendidik, Lihat Cara dan Syaratnya...

Depi Surya dan Aprional berasal dari Jorong yang sama, yakni Jorong Sungai Mangkirai Nagari Pandam Gadang.

Aprional bisa mencalonkan diri menjadi peserta Pilwana Baruah Gunuang karena Aprional memang “Urang Sumando” di Nagari tersebut dan sudah lama berdomisili di sana, karena di Minang adatnya Matrilineal jadilah sang Wali Nagari terpilih ikut Bundo kanduang sejak Menikah.

Dari Info yang media rangkum dari orang dalam Nagari Baruah Gunuang, bahwa Jagoan Bupati Limapuluh Kota justru “keok” dikandang sendiri, yang menang bukanlah Jagoan Pak Bupati, malah Urang Sumando, Wallahu alam!

Kami dari Media cmczone.com turut mengucapkan Selamat Kepada Wali Nagari Yang di Lantik hari ini, semoga Amanah mengemban tugasnya.

Baca Juga :   Pasca Pelantikan, DPD Nasdem Tanjabtim Berharap Garda Jadi Mesin Penggerak Untuk Menang kan Pemilu

Penulis : Soe-crie
Editor. : Riki Hidayat