News  

Hasan Ajak AMSI dan Jurnalis Perangi Hoaks

cMczone.com – Maraknya pengguna internet dengan jumlah 73.7 persen juta jiwa dari total populasi di Indonesia (dikutip dari Data Reportal Januari Tahun 2022), dan kemudahan akses media sosial yang semakin dekat dengan masyarakat, tidak semuanya dimanfaatkan secara tepat oleh semua pengguna.

Persoalan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Hasan, saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Literasi Berita, yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kepri guna memberikan pemahaman kepada publik melawan mis/disinformasi di Hotel Aston, Kota Tanjungpinang, Selasa (12/7/2022).

Menurut Hasan, dengan jumlah pengguna internet yang begitu besarnya, banyak pihak yang akan dihadapkan dengan isu-isu yang belum benar kepastiannya atau berita palsu (hoaks).

Baca Juga :   Di Desa Numbing, Roby Tabur 4000 Bibit Kerapu serta Berikan Bantuan untuk Lansia dan Korban Kebakaran

“Jutaan jiwa pengguna media sosial di Indonesia dengan beragamnya rentang usia yang bebas mengoperasikan internet, membuat pemerintah, organisasi perangkat daerah sejenisnya, serta pihak manapun pasti akan menghadapi tantangan dan isu-isu dari informasi hoaks yang dapat merugikan siapapun,” tutur Hasan.

Jadi, kata Hasan, hadirnya peran dari Pemerintah  Provinsi (Pemprov) Kepri bersama AMSI dan organisasi vertikal lainnya dapat turut berpartisipasi untuk mencegah dan melawan permasalahan penyebar hoaks yang terjadi saat ini, harapannya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pemahaman menanggapi hoaks yang beredar.

Hasan juga menegaskan, agar sebagai pengguna internet atau berprofesi sebagai Media Redaksi yang mengoperasikan sosial media dalam kesehariannya, sudah seharusnya menjadi media yang cerdas dan mencerdaskan rakyat.

Baca Juga :   Margespi dan Zamri Bantu Sebar dan Tanam BLD Musangking RKN di Nagari Koto Tongah

“Sudah seharusnya kita sebagai pengguna media sosial yang keseharian kita bergantung kepada akses internet, dan juga mencari nafkah untuk keluarga yang berprofesi sebagai jurnalis atau Media Redaksi. Jadilah Media yang cerdas dan mencerdaskan rakyat,” tegas Hasan.

Hasan menyebutkan, bahwa AMSI Wilayah Kepri merupakan wadah profesional bagi jurnalistik, yang juga sebagai rekan Pemprov Kepri dalam memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat Kepri.

Hasan menghimbau, jurnalis dan seluruh pengguna sosial media agar selalu berhati-hati dalam mempercayai suatu informasi yang belum benar adanya, dan terus menggalakkan Etika dan Culture dalam media sosial, serta pencegahan dan penanggulangan terhadap berita hoaks.

Editor: Budi Adriansyah