Dewi Kumalasari Buka Kegiatan Musprov APSI Ke-4 Provinsi Kepri 2022

cMczone.com – Pembina Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari, resmi membuka kegiatan Musyawarah Provinsi (Musprov) APSI ke-4 Provinsi Kepri Tahun 2022 di SMK N 2, Kota Tanjungpinang, Rabu (20/7/2022).

Dalam sambutannya Dewi menjelaskan, pengawas sekolah sebagai salah satu komponen dalam dunia pendidikan yang memiliki posisi strategis. Sebab, pengawas sekolah/madrasah mendapatkan peran melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawal terselenggaranya pendidikan yang bermutu dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional.

“Hal tersebut, yang menjadi dasar terbentuknya APSI. Dalam meningkatkan profesionalitas pengawas dengan merapatkan barisan, mempersatukan derap langkah dan bergerak maju bersama-sama menjadi pengawas yang profesional,” kata Dewi.

Baca Juga :   Gara-gara Video TikTok Hina Palestina, Siswi ini Dikeluarkan Sekolah

Dewi yang juga Ketua TP-PKK Provinsi Kepri ini mengatakan, APSI sebagai organisasi profesi yang merupakan mitra dari pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia terkhususnya di Provinsi Kepri.

“APSI Provinsi Kepulauan Riau menjadi mitra pemerintah provinsi, khusunya Dinas Pendidikan untuk memajukan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau,” imbuh Dewi.

Dewi mengharapkan, pengawas sekolah di abad ke-21 ini memiliki kemampuan 4C, yang meliputi Communication competence  (kemampuan komunikasi), Critical thinking (berpikir kritis), Creativity (memiliki kreativitas), dan Collaboration (mampu kolaborasi dan bekerja sama).

“Sehingga, kemampuan 4C ini dapat menjadi teladan untuk para PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan ) dan para peserta didik,” harap Dewi.

Terakhir, Dewi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggaran Musprov IV APSI Kepri ini.

Baca Juga :   Reuni Akbar 2022 ILUNISDA: Ansar Ahmad Minta Siswa/Siswi Ikuti Jejak Senior untuk Bangun Daerah dan Negara

“Melalui Musprov ini, mari kita tingkatkan mutu pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau,” ajak Dewi.

“Saya berharap, semoga APSI selalu menjadi wadah aspirasi bagi pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan dapat selalu membantu, berbagai ilmu menjadi bermanfaat untuk dunia pendidikan dan masyarakat, sehingga dapat membudayakan dalam berbagai kolaborasi membangun sinergi memajukan pendidikan negeri khusunya di Provinsi Kepri,” tutup Dewi.

Editor: Budi Adriansyah