10 Negara Dengan Kekayaan Alam Terbesar di Dunia

Anggapan salah jika negara bisa maju hanya mengandalkan sumber daya manusia yang mumpuni, karena ternyata banyak negara yang bergelar adidaya ternyata memiliki kekayaan alam yang sungguh melimpah. Sebaliknya, negara maju dengan sumber daya alam terbatas pun memiliki banyak keterbatasan karena ketergantungan mereka pada negara-negara lain.

Tidak mengherankan jika banyak negara maju berada di posisi yang menguntungkan hingga kini. dilansir dari IDN Times, Berikut ini daftar 10 besar negara dengan kekayaan alam paling melimpah di dunia berdasarkan data World Atlas. 

10. Australia

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniaabc.net.au

Diposisi ke-10 ditempati Australia. Pertambangan menjadi sektor paling menguntungkan di negara ini. Beberapa komoditas utamanya adalah uranium, alumunium, batu mulia, dan emas. Bahkan 46 persen uranium dunia berada di Australia.

Nikel, besi, batu bara, kayu, dan tembaganya juga melimpah. Australia pun punya kekayaan berupa alam liar yang sangat luas dengan banyak hewan endemik yang bisa jadi daya tarik wisata tersendiri dari Negara tersebut.

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniatheeastafrican.co.ke

Kongo memiliki potensi pertambangan yang sangat besar. Negara ini merupakan produsen kobalt terbesar di dunia. Beberapa komoditas lainnya adalah emas, timah, tembaga, intan, serta lithium. Namun sangat disayangkan, kekayaan alam ini tidak diimbangi dengan sistem politik yang stabil dan eligible, sehingga hanya bisa dinikmati segelintir orang saja.

8. Venezuela
Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniamiamidiario.com

Meski saat ini sedang dirundung krisis politik dan ekonomi, Venezuela sebenarnya merupakan negara kaya crude oil dan gas alam. Jumlahnya tak kalah dengan negara-negara di Semenanjung Arab. Mereka juga memiliki banyak kandungan mineral seperti emas, bijih besi, batu bara, dan bauksit. Menganut ideologi sosialisme, semua sumber daya alamnya dikelola pemerintah.

Baca Juga :   5 Nagari di Limapuluh Kota Bantah Menjadi Biang Keladi Terhambatnya progres pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru

Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan kebijakan swasembada pangan yang mumpuni, sehingga saat mereka diembargo beberapa negara di sekitarnya, Venezuela pun jatuh dalam krisis pangan yang mengkhawatirkan.

7. Amerika Serikat

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniainsideenergy.org

Ada banyak faktor mengapa Amerika Serikat menjadi negara adidaya. Bukan hanya karena sumber daya manusia, tetapi ia memang menguasai ekonomi global dengan sumber daya alam mereka yang sangat melimpah. Amerika Serikat punya komoditas tambang, energi, hingga pangan yang lengkap dan jumlahnya yang sangat banyak.

Bahkan mereka sangat melindungi kekayaan alam tersebut, termasuk pertanian. Di beberapa bandara, panganan mentah dan buah-buahan akan disita demi melindungi pertanian Amerika Serikat dari hama dan wabah tertentu.

Jumlah minyak dan gas mereka pun selalu bersaing jumlahnya dengan milik Rusia. Sementara, tambang mereka yang sudah dieksplorasi sejak zaman dulu, masih jadi kontributor utama dalam neraca perdagangan mereka.

6. Brasil

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniathebrasilians.com

Negara di Amerika Selatan ini juga tak bisa disepelekan. Punya wilayah yang luas dan tanah yang subur, pertanian Brasil sangatlah maju. Mereka menyuplai banyak bahan pangan untuk negara-negara di dunia. Bibit pisang, alpukat, dan kopi juga banyak yang aslinya berasal dari negara ini sebelum disebar ke berbagai penjuru dunia.

Baca Juga :   Gara-gara Ronaldo Geser Botol Coca Cola, Sahamnya Langsung Anjlok

Tak hanya di bidang pangan, Brasil juga punya kekayaan mineral yang melimpah. Termasuk emas, besi, bauksit, timah, dan tembaga. Jangan pula lupakan produksi kayu mereka yang cukup maju, tanpa mengganggu ekosistem di hutan Amazon yang dilindungi.

5. Rusia

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniaforeignpolicy.com

Negara yang saat ini sedang berperang dengan Ukraina, memiliki kekayaan alam yang sangat banyak. Rusia terkenal karena strategi geopolitiknya yang dikenal sering mengancam negara-negara tetangganya di benua Eropa. Ini karena tanah beku mereka memang memiliki kandungan mineral dan energi yang sangat besar. Mereka pun menjadi salah satu negara eksportir energi terbesar di dunia selain Semenanjung Arab. Jumlah produksi energi mereka seringkali bersandingan dengan Amerika Serikat.

4. India

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniacatalanogonzaga.com

Selain pertaniannya, India pun memiliki kekayaan mineral yang hampir tak terhingga. Sebanyak 2,5 persen GDP mereka bertumpu pada pertambangan ini. Salah satunya mika yang cukup langka dan kini banyak dicari karena perkembangan industri kosmetik saat ini. Selain itu, mereka memiliki kandungan titanium, gamping, intan, dan bauksit. Sayangnya, banyak tambang  yang dieksploitasi secara ilegal bahkan melibatkan pekerja anak-anak.

3. Kanada

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniacanadianvisa.org

Negara di benua Amerika sebenarnya sangat beruntung, kekayaan mineral dan energi mereka benar-benar tak terkira jumlahnya. Termasuk Kanada yang ternyata juga sangat kaya akan sumber daya minyak, uranium, gas alam, nikel, timah, batu bara, gypsum, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Heboh, Situs Bansos Covid-19 Milik AS di Bobol Hacker Indonesia, Masuk Kantong 60 Juta USD

Kanada sama seperti beberapa negara bagian di Amerika Serikat juga memiliki kekayaan laut yang membahana, bedanya dengan Indonesia mereka tak keburu mengimpornya melainkan memanfaatkannya untuk pangan rakyatnya sendiri dulu.

2. Arab Saudi

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Dunianeweurope.eu

Negara-negara di Semenanjung Arab juga terkenal karena gaya hidup warganya yang high class. Tak heran sebab mereka memang menyimpan sebagian besar cadangan energi fosil dunia yang hingga kini masih jadi komoditas paling dicari dan diminati. Salah satu yang terkaya adalah Arab Saudi, apalagi ukuran negara mereka cukup kecil dengan jumlah penduduk yang juga tak membludak, sehingga lebih mudah diatur.

1. Tiongkok

Ini 10 Negara dengan Kekayaan Alam Terbesar di Duniawired.com

Negara luas ini juga tak bisa diremehkan dari segi sumber daya alam. Selain jumlah penduduknya yang banyak, mereka menyimpan banyak potensi alam yang selalu bisa diandalkan.

Selain batu bara, timah, kobalt, mangan, emas, dan perak, Tiongkok menyimpan banyak mineral langka lainnya yang susah ditemukan di tempat lain. Selain kebijakan luar negeri dan dalam negerinya yang cukup agresif, Tiongkok disegani karena keberadaan beberapa mineral langka tersebut. Tiongkok juga dikenal sangat gencar membangun infrastruktur untuk menunjang kemajuan Negaranya.

inilaj 10 negara yang memang sama-sama memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah, namun status negara berkembang dan maju pun langsung terlihat dari cara mereka mengelola kekayaan tersebut. Beberapa berhasil mengelola dengan baik dan  menjadikannya aspek yang diperhitungkan, beberapa Negara lainnya justru terjebak dalam kutukan ataupun persoalan persoalan yang terjadi dalam Negaranya.