Dukung Program Hanpangan, Brigjen TNI Yudi Laksanakan Tanam Jagung Perdana di Bintan

cMczone.com – Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, menghadiri kegiatan penanaman perdana Jagung dalam rangka Ketahanan Pangan (Hanpangan) Kodim 0315/Tanjungpinang di Kabupaten Bintan, bertempat di Area Perkebunan Bintan, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (25/7/2022).

Kegiatan penanaman perdana jagung yang dilaksanakan oleh kodim 0315/Tanjungpinang sebagai wujud Binter dalam rangka Pemulihan Ekonomi dan Reformasi melalui Pembinaan Hanpangan di wilayah.

Kodim 0315/Tanjungpinang telah membuka lahan seluas 2 hektar untuk ditanami komoditas jagung manis (Varietas Hybrida).

Diketahui, saat panen nantinya hasil kebun tersebut yang merupakan hasil dari program Hanpangan akan dibagikan ke masyarakat binaan.

Baca Juga :   Hari Juang TNI-AD 2021: Korem 033/WP dan PMI Gelar Donor Darah

Dalam sambutannya, Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson mengatakan, rangkaian kegiatan ini merupakan Program Hanpangan dari Kodim 0315/Tanjungpinang yang menyiapkan lahan seluas 2 hektar dengan penanaman bibit jagung manis.

“Dan nantinya akan kembali di buka di Kota Tanjungpinang seluas 20 hektar,” ungkap Tommy.

Kegiatan ini, lanjut Tommy, dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Kodam I/BB dan terkait masalah Hanpangan ini, kata Tommy, harus dibangun, karena pangan merupakan program dari TNI-AD.

Dikesempatan yang sama Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto menyampaikan, bahwa semua pihak berkepentingan harus mewujudkan Hanpangan bagi rakyat indonesia, khususnya di Kabupaten Bintan.

“Dan tentunya bagi seluruh elemen harus saling bahu membahu dalam membantu masyarakat dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Sehingga perlu adanya edukasi, agar masyarakat dapat mandiri dalam hal eksistensi pangan,” ujar Yudi.

Baca Juga :   Kodim 0302 Melalui Koramil 05/Peranap Lakukan Giat Vaksin Di SDN 003 Desa Pesajian

Menurut Yudi, TNI-AD sebagai aparat teritorial harus dapat berada di tengah masyarakat dalam membantu kesulitan rakyat di wilayah binaan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Ronny Kartika menyampaikan sebuah gagasan terkait peningkatan Hanpangan, dan mengucapkan terima kasih, karena Bintan telah menjadi salah satu lokasi pengembangan yang dipilih.

“Terima kasih Bapak Danrem dan Bapak Dandim, saat ini Bintan dipilih jadi salah satu lokasi. Kami siap mendukung sepenuhnya. Bahkan kalau bisa bersama kita kembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan ketahanan pangan daerah,” ujar Ronny.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, Kasiter Kasrem 033/WP Kolonel Inf Zusnan Hadi Hudaya, Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson, Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah, Sekda Bintan Ronny Kartika, Sekdistan Lingga Fahmi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bintan, Petani Perkebunan Erik Gajah Lampung, para Pejabat Utama (PJU) Kodim 0315/Tanjungpinang dan Danramil serta warga Galang Batang.

Baca Juga :   Pemudik ke Tambelan dan Kalbar Padat, AKBP Tidar: Petugas Harus Bekerja Keras

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Penrem 033/WP