Program Hanpangan Kodim 0315/Tanjungpinang: Buka Lahan untuk Tanam Jagung Manis

cMczone.com – Kodim 0315/Tanjungpinang menggelar penanaman perdana jagung dalam rangka Ketahanan Pangan (Hanpangan), Senin (25/7/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tema ‘Mewujudkan Binter dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi melalui Pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah’.

Berlokasi di area perkebunan Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kodim 0315/Tanjungpinang telah membuka lahan seluas 2 hektar untuk ditanami komoditas jagung manis.

Diketahui, saat panen nantinya hasil kebun tersebut yang merupakan hasil dari program Hanpangan akan dibagikan ke masyarakat binaan.

Dalam sambutan, Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan Program Hanpangan dari Kodim 0315/Tanjungpinang yang menyiapkan lahan seluas 2 Hektar.

Baca Juga :   Hari Juang TNI-AD 2021: Korem 033/WP dan PMI Gelar Donor Darah

“Penanaman bibit jagung manis dan nantinya akan kembali di buka di Kota Tanjungpinang seluas 20 Hektar,” ungkap Tommy.

Kegiatan ini, lanjut Tommy, dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Kodam I/BB. Dan terkait masalah Hanpangan ini harus dibangun, karena pangan merupakan program dari TNI-AD.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Rony Kartika menyampaikan sebuah gagasan terkait peningkatan ketahanan pangan. Dan mengucapkan terima kasih, karena Bintan telah menjadi salah satu lokasi pengembangan yang dipilih.

“Terima kasih Bapak Danrem dan Bapak Dandim, saat ini Bintan dipilih jadi salah satu lokasi. Kami siap mendukung sepenuhnya. Bahkan kalau bisa bersama kita kembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan ketahanan pangan daerah,” ujar Ronny.

Baca Juga :   'Door to Door' Tim Vaksinasi Mobile Gurindam 12

Dikesempatan yang sama, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto menyampaikan, bahwa semua pihak berkepentingan harus mewujudkan ketahanan pangan bagi rakyat indonesia, khususnya di Kabupaten Bintan.

“Dan tentunya bagi seluruh elemen harus saling bahu membahu dalam membantu masyarakat dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Sehingga perlu adanya edukasi, agar masyarakat dapat mandiri dalam hal eksistensi pangan. TNI-AD sebagai aparat teritorial harus dapat berada di tengah masyarakat dalam membantu kesulitan rakyat di wilayah binaan,” kata Yudi.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Pendim 0315/Tanjungpinang