Brigjen TNI Yudi Hadiri Pembukaan TMMD Ke-114 Karimun: Semangat TMMD Inisiasi Panglima ABRI…

cMczone.com – Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, menghadiri Pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun 2022 di Desa Selat Mendaun, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (26/7/2022).

Program TMMD ini merupakan wujud sinergi antara TNI dan Pemerintah Daerah serta masyarakat dalam melaksanakan proses percepatan pembangunan di daerah terpencil.

Bupati Karimun Aunur Rafiq, sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan, kegiatan TMMD sangat relevan dengan keinginan masyarakat.

“Hampir setiap tahun Kabupaten Karimun mengucurkan anggaran untuk pelaksanaan TMMD. Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya, di mana dengan anggaran yang terbatas, namun pembangunan tetap dapat dilakukan dengan manfaat yang besar,” kata Rafiq.

Baca Juga :   Melalui Vicon, Kapolri dan Gubernur Kepri Tinjau Vaksinasi Massal Serentak Se-Indonesia

Rafiq mengatakan, kegiatan TMMD ini bukan hanya berbentuk fisik, namun juga Non Fisik. Program TMMD ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulian TNI juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong.

“TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangsih, baik materi, ide dan gagasan, tenaga maupun keterampilan yang dimiliki serta yang terpenting TMMD ini merupakan salah satu upaya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, wawasan kebangsaan, meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman terorisme dan radikalisme yang dapat menggerogoti keutuhan Bangsa Kita,” jelas Rafiq.

Baca Juga :   HUT Kodam 1/BB Ke-72: Brigjen TNI Yudi Pimpin Ziarah di TMP Pusara Bhakti Tanjungpinang

Di kesempatan yang sama, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto mengatakan, kegiatan TMMD ini bertujuan untuk menggali semangat gotong royong dan kebangsaan, di mana Kabupaten Karimun merupakan daerah terdepan Indonesia, sehingga masyarakatnya harus memiliki pemahaman terhadap potensi- potensi yang ada di daerah.

“Semangat TMMD ini lahir dari inisiasi Panglima ABRI Jenderal Yusuf. Ini merupakan bentuk ungkapan terima kasih kepada masyarakat desa dengan cara bersama-sama membangun desa,” ujar Yudi.

TMMD ini, kata Yudi, juga sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang dulunya menderita pada masa perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia. Yudi juga berpesan, agar semangat untuk membangun desa harus selalu dijaga.

Turut hadir dalam acara tersebut, Aspotwil kogabwilhan I Brigjen TNI Bosco Harioyunanto, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad diwakili oleh Kasi Trantib Kepri Frengki, Kasi Intel Kasrem 033/WP Letkol Inf Davy Darma Putra, Kasi Ter Kasrem 033/WP Kolonel Inf Zusnan Hadi Hudaya, Kasi ops Kasrem 033/WP Letkol Inf Febi Triandoko, Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Dan Lanal TBK diwakili oleh Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (P) Panjaitan, dan Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat.

Baca Juga :   Hari Bhayangkara Ke-76: Polda Kepri Gelar Kejuaraan Tenis 'Kapolda Kepri Cup'

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Penrem 033/WP.