News  

Nelayan Adukan Aktivitas Kapal Trawl dan Cantrang, Roby Kurniawan: Kami Segera Koordinasi dengan Gubernur Kepri…

cMczone.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) terkait gangguan aktifitas Kapal Trawl dan Kapal Cantrang di perairan Kabupaten Bintan.

Hal tersebut dikatakan oleh Roby, menyusul adanya aduan dari nelayan tradisional saat pelepasan Ekspor Komoditas Olahan Ikan ke Negara Australia, Sabtu (13/8/2022).

“Kami akan segera berkoordinasi ke Gubernur Provinsi Kepri terkait aduan gangguan Kapal Trawl dan Kapal Cantrang di perairan Bintan. Agar nanti kita bisa dapat bersama-sama melaporkan ke Pemerintah Pusat, karena batas 12 mil ke atas itu kewenangan dari Pemprov Kepri dan Pemerintah Pusat,” ujar Roby.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Minta Kepala BP Bintan & Karimun Kerja Keras Pacu Investasi

Roby menambahkan, bahwa ekosistem laut di perairan Bintan yang menyimpan banyak kekayaan alam tentu harus dipertahankan kelestariannya dari segala bentuk pengrusakan demi generasi yang akan datang.

“Kapal Trawl atau Kapal Cantrang sistem penggunaannya jelas merusak kelestarian. Keberlangsungan bahan baku sumber daya alami juga penting untuk keberlanjutan generasi ke depannya,” tegas Roby.

Mengingat potensi sumber perikanan yang sangat besar di Kabupaten Bintan, Roby akan segera mengusulkan ke Pemprov Kepri untuk membangun satu lokasi, seperti Gedung Satu Atap di Kabupaten Bintan bagi kepengurusan ekspor, terkhususnya lagi untuk ekspor komoditas hasil olahan laut.

“Jadi setidaknya untuk kepengurusan ekspor komoditas hasil laut bisa berada di satu tempat, sehingga nanti akan mempermudah sekaligus mempercepat perizinan ekspor ke negara tujuan,” ujar Roby.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Rangkul IPPAT Kepri untuk Majukan Investasi...

Editor: Budi Adriansyah