Roby Kurniawan Lepas Ekspor 9,5 Ton Komoditas Olahan Ikan ke Australia

cMczone.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan, melepas keberangkatan kontainer ukuran 20 feet berisi 9,5 ton komoditas olahan ikan fillet beku untuk jenis Ikan Kerapu dan Ikan Kakap yang nantinya akan segera diekspor ke Kota Brisbane, Australia.

Pelepasan komoditas olahan ikan tersebut, dilakukan Roby saat melakukan kunjungan kerja ke PT. Bintan Intan Gemilang (BIG) , Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (13/8/2022).

Roby mengungkapkan apresiasi dan rasa bangganya, pasalnya selama ini pengekspor hasil olahan ikan harus melewati negara tetangga Singapura, namun sekarang komoditas ekspor tersebut sudah bisa langsung dikirim ke negara tujuan.

“Kita berharap kegiatan ekspor olahan ikan ini ke depannya dapat berkelanjutan dan semakin berkembang. Apalagi komoditas olahan ini dapat  langsung diterima oleh negara tujuan, yakni Australia. Biasanya kita ekspor harus melalui negara Singapura dulu, kita harapkan kegiatan ini dapat continue dan mungkin bisa berkembang ekspor ke negara-negara lainnya,” kata Roby.

Baca Juga :   Bisnis Digital Terbaik Saat Ini

Sementara itu, Pemilik PT. BIG Dina mengatakan, bahwa perusahaannya sudah bergerak sejak Tahun 2018 dengan rata-rata per bulan ekspor mencapai 2 kontainer ukuran 20 feet.

Menurut Dina, 9,5 ton komoditas olahan ikan Kakap dan ikan Kerapu hasil tangkapan nelayan tradisional tersebut merupakan produk lokal asli Bintan yang dikerjakan langsung oleh tenaga lokal dari Kepulauan Riau (Kepri).

“90 persen tenaga kerja di sini merupakan asli Kepri. Produk komoditas olahan ikan yang kita buat ini, juga telah mampu bersaing dengan negara Vietnam dan Singapura, sehingga kita bisa ekspor langsung ke negara tujuan, yakni Australia,” ujar Dina.

Editor: Budi Adriansyah