News  

Bintan Implementasikan PUG melalui Anugerah Parahita Ekapraya

cMczone.com – Pemerintah Kabupaten Bintan kembali memperlihatkan komitmennya di bidang kesetaraan gender. Hal tersebut diketahui saat Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Ronny Kartika memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengarusutamaan Gender (PUG) bersama Ketua PUG dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)se-Kabupaten Bintan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender, di Ruang Rapat II, Kantor Bupati Bintan, Senin (15/8/2022).

Demi mewujudkan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi kesetaraan gender, PUG perlu dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan keadilan dan kenyamanan bagi semua kaum.

Tidak hanya laki-laki, namun juga perempuan, anak-anak serta difabel. Hal ini diimplementasikan dengan PUG dengan dukungan dari OPD di Kabupaten Bintan melalui penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Baca Juga :   BPS Kepri: Tingkat Pengangguran Terbuka Kepri Turun dengan Nilai Terbesar Secara Nasional...

Untuk diketahui, bahwa Kabupaten Bintan telah meraih kategori penghargaan APE selama 3 tahun berturut-turut sejak 2018-2020 untuk program PUG yang dijalankan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya memiliki 2 prasyarat, untuk periode Tahun 2021 dan 2022 terdapat 7 prasyarat PUG yang harus dipenuhi oleh setiap OPD untuk kembali mencatatkan nama Kabupaten Bintan dalam anugerah bergengsi tersebut.

Dalam argumentasinya, Ronny meminta semua OPD untuk menyisir kembali dokumen yang belum lengkap, kemudian memenuhi 7 prasyarat yang dibutuhkan. Sebab rentan waktu hingga September mendatang masih bisa dimanfaatkan.

“Teruntuk seluruh OPD yang sudah memiliki program khusus untuk pengarusutamaan gender, baik berupa parkir khusus untuk perempuan, toilet yang terpisah, cuti haid/bersalin, ruang menyusui dan lain sebagainya mohon untuk terus di tindak lanjuti dan dikawal,” pinta Ronny.

Baca Juga :   Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat, Ansar Ahmad Resmikan Kantor Kas BRK di Tambelan

Dalam Rakor kali ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pj Sekda Bintan, Ketua PUG, Kepala OPD serta pihak lainnya yang terlibat.

Editor: Budi Adriansyah