Berita  

Peran Hebat ICBS Dalam Dunia Pendidikan Dan Sosial

Cmczone.com- Insan Cendekia Boarding School, disingkat ICBS merupakan Institusi Pendidikan Swasta berbasis Islami, berdiri sejak tahun 2010 silam sudah memiliki 4 Kampus.

2 Kampus berada di Kota Payakumbuh (Padang Kaduduak dan Parik Muko Aia Lampasi), sedangkan 2 lagi berada di Kabupaten Limapuluh Kota, tepatnya di Nagari Tarantang dan Sarilamak, keduanya dalam Wilayah Kecamatan Harau.

Sebanyak 3,500 siswa sedang menuntut ilmu tingkat SMP dan SMA dengan Sistem Boarding School atau sedang “Mondok”.

Sudah 9 tingkatan civitas yang wisuda dari ICBS sejak berdiri, 12 tahun silam.

Pimpinan Yayasan ICBS, Ustadz Roni Patihan, LC dalam keterangannya kepada awak media, Senin 19 September 2022, di Kampus Padang Kaduduak,
“ICBS sekarang sudah memiliki 4 Kampus, 2 di Kota Payakumbuh dan 2 lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota, sekarang jumlah Siswa totalnya sekira 3500 putra dan putri”ungkapnya.

Baca Juga :   Mubes 1 ILUNI SMP N 1 Payakumbuh Gelar Gowes Merdeka, Panitia : Mari Kita Semarakkan

“Kalau dikalkulasi, kami (ICBS) sudah menamatkan puluhan ribu alumni sejak berdiri, selanjutnya Tamatan ICBS juga banyak melanjutkan Pendidikan Universitas dalam dan Luar Negeri, untuk luar negeri ada yang melanjutkan ke Negara Mesir, Sudan, UEA, Turkiye, Malaysia, dll ” tukuknya.

Selanjutnya Ustadz Roni juga menjabarkan tentang Visi dan Misi ICBS,
“Visi kami (ICBS) adalah Mewujudkan Generasi yang cerdas, Mandiri dan Berprestasi, dalam misi para siswa kami bisa selalu mengukir prestasi yang baik untuk Kota Payakumbuh, Provinsi, hingga tingkat Nasional” imbuhnya.

“Baru baru ini ICBS menjadi penyumbang atlet terbanyak yang berlaga di Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) tingkat Provinsi di Padang. Cabang Yang kami ikuti, antara lain: bidang Seni, Pidato, bahasa Arab, Bahasa Inggris, Atletik, dll” tambahnya.

Baca Juga :   "Kabur" Saat di Demo, Ternyata Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Sedang PHP Anak TK di Harau?

Selain itu Siswa ICBS juga banyak berkompetisi di Arena MTQ dan Sains.

Prestasi Membanggakan juga diukir di bidang Sains, yakni sebanyak 3 siswa ICBS mendapatkan penghargaan di tingkat nasional, dan Insyaallah akan diberikan beasiswa ke Luar Negeri, dengan pilihan Australia, Singapura dan Malaysia.

Dalam mewujudkan Visi ICBS yang berorientasi kepada siswa ada Program unggulan Tahfidz, dengan target per siswa adalah tamat 10 juz ditingkat SMP dan 10 Juz ditingkat SMA. Ada juga Program Khatam Al-Qur’an selama 2 tahun.

ICBS juga akan selalu berikhtiar untuk bisa menjadi Institusi yang bisa mengangkat Pendidikan Islam ketingkat yang lebih baik.

Hal tersebut tentu harus didukung oleh Sarana, Prasarana dan Infrastruktur yang baik, disamping Program program yang berkelanjutan.

Baca Juga :   Beberapa RW/RT Teluk Dawan Diganti, Ketua RT 04 : Saya Legowo

“Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak kami bisa untuk selalu bisa menjadi pesantren rujukan bagi orang tua siswa” sambungnya.

ICBS dalam melaksanakan Program program pendidikannya kepada para siswa juga didukung oleh guru guru yang berkualitas baik.

ICBS yang berada dibawah Yayasan Non Pemerintah, banyak mendapat mendapat cibiran sebagai Sekolah Eksklusive dan hanya berorientasi bisnis.

Walaupun ada Kesepakatan yang harus disediakan oleh Orang tua murid setiap bulannya, tapi itu menjadi sepadan dengan Kualitas Pendidikan yang diterima para siswa.

Disamping itu, ICBS juga meluncurkan Program dengan menyisihkan untuk Bantuan Sosial, seperti : untuk Anak anak Yatim, Bantuan Bencana Alam, dll.

Bahkan ada Program Subsidi Silang, bagi siswa yang tidak mampu secara penuh.