News  

Rakor Regsosek 2022: Mendata Kondisi Sosial dan Ekonomi Setiap Rumah Tangga…

cMczone.com – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Ronny Kartika, yang mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan, secara resmi membuka rapat koordinasi (rakor) dan sosialisasi kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 di Hotel CK, Kota Tanjungpinang, Rabu, 21 September 2022.

Rakor Regsosek 2022 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan BPS Kabupaten Bintan ini merupakan agenda sosialisasi bagi sensus guna mendata kondisi sosial dan ekonomi setiap rumah tangga di seluruh Provinsi Kepri, termasuk di Kabupaten Bintan.

Dalam sambutannya Ronny mengatakan, Rakor Regsosek Tahun 2022 memiliki peran penting sebagai kunci dalam suksesnya penyediaan sistem satu data yang nantinya akan menjadi basis bagi integrasi program perlindungan sosial serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :   Pemprov Kepri Kejar Peringkat 'Informatif' dalam KIP

“Tentunya, hal ini sangat kita apresiasi. Dan tentu kita harapkan bantuan dan dukungan dari jajaran pihak Kecamatan, Kelurahan hingga Desa guna mendukung kesuksesan pendataan atas survei di lapangan nantinya,” ujar Ronny.

Untuk pendataan program Regsosek sendiri, kata Ronny, dijadwalkan akan dimulai serentak pada tanggal 15 Oktober-14 November 2022 untuk penduduk yang bertempat tinggal tetap.

Purna Praja STPDN 2003 ini menjelaskan, bahwa pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 ini juga dilakukan melalui penyediaan sistem dan basis data bagi seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Siap Kolaborasi dengan IPB Wujudkan Desa Berkekuatan Ekonomi dan Berbasis Ekspor

“Tentu kita berharap, nanti akan terkumpul data realisasi terkait kondisi sosial ekonomi masyarakat. Kemudian, data ini nantinya kita harapkan bisa menjadi basis bagi pengambilan keputusan Pemerintah Daerah tentang kesinambungan program-program lainnya,” ujar Ronny.

Editor: Budi Adriansyah