Ansar Ahmad Jajal Mobil Balap di Intercity Istanbul Park Circuit…

cMczone.com – Masih dari Istanbul, Turki, kali ini Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, bersama Konjen RI di Istanbul Imam Asy’ari, dan Kemenko Bidang Perekonomian melalui Asisten Deputi Pengembangan Daya Saing Investasi Ekonomi Kartika Listriana, berkesempatan melakukan audiensi dengan Chairman Intercity Istanbul Park Vular Ak, di Sirkuit Intercity Istanbul Park, Turki, Selasa, 18 Oktober 2022.

Tidak hanya audiensi, Ansar berkesempatan melihat-lihat kondisi sirkuit, hingga menjajal mobil balap yang terpajang di lokasi.

Dalam kesempatan ini, Ansar juga mempelajari sistem pengelolaan sirkuit dengan berbagai kombinasi event untuk mendongkrak jumlah wisatawan yang datang, yang diakui Ansar, cukup mengagumkan.

Di hadapan Vular, Ansar pun memaparkan jika di Kepri, dalam waktu dekat juga akan membangun Bintan Green Circuit di Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan dengan luas area 120 hektar melalui konsep Environment Mangrove.

Baca Juga :   Pemkab Bintan Siapkan Lahan 50 hektare untuk Penguatan Ketahanan Pangan

“Sirkuit ini didesain oleh Konsultan Porpulus yang memiliki 16 tikungan dengan dihiasi tumbuhan Mangrove di sekitarnya. Investasi melalui kerja sama Ketua IMI dan PT Gallant Venture dengan partnership PT BRC ditandai penandatanganan MoU dalam membangun sirkuit ini dengan nilai investasi sekitar Rp 1,2 triliun,” papar Ansar.

Ansar menegaskan, sudah semestinya pemerintah harus selalu siap berinovasi dan mengembangkan serta mendukung penuh pembangunan sirkuit F1 Bintan.

Tak kalah pentingnya, kerja sama kepada semua pihak dalam penyediaan sarana prasarana pendukung, seperti hotel, transportasi, restoran, dan ruang kuliner.

“Yang terpenting, dukungan masyarakat dalam menciptakan mindset, bahwa Kepri harus dapat maju dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sesuai visi mewujudkan Kepri yang Maju, Berdaya Saing dan Berbudaya,” kata Ansar.

Sementara itu, Chairman Intercity Istanbul Park Vular Ak mengatakan, bahwa sirkuit ini dibangun sejak Tahun 2005 dengan desain sirkuit modern yang dibangun oleh Hermann Tilke dengan panjang 5.338 meter. Memiliki 14 tikungan, serta sirkuit ini juga mampu menampung 155 ribu jumlah penonton.

Baca Juga :   Lembah Harau : Ragam Wisata di Dalamnya, Bukik Soriak Glamping Kemah Dome

“Selain pergelaran F1, sirkuit ini juga memiliki 24 event dalam satu tahun, karena kita tidak bisa hanya berharap dari F1, harus dikombinasi dengan model bisnis lainnya, agar sirkuit tetap dapat terus ramai,” papar Vular.

Vular kemudian mengatakan, area Intercity Istanbul Park dikelola oleh 10 perusahan dan satu perusahan yang khusus mengelola pergelaran F1.

Menurut Vular, semua harus terintegrasi dengan semua aktivitas sirkuit, seperti pameran dan atraksi  otomotif serta event perlombaan lainnya,” ungkap Vular.

Vular menambahkan, Pergelaran F1 di Turki dapat mendatangkan lebih kurang 330 ribu wisatawan pada setiap event. Kementerian Pariwisata Turki pun mencatat kunjungan wisatawan selama perhelatan bisa tinggal selama 3-5 hari. Hingga kunjungan wisatawan di Turki dalam 1 tahun dapat mencapai 40 juta wisatawan.

Baca Juga :   Okmart | Otomotif

Ansar sembari menyerahkan promosi Pariwisata Kepri mengajak Vular untuk berkunjung ke Kepri melihat rencana pembangunan Sirkut F1 Bintan.

“Dan nantinya dapat membantu memberi masukan saran dan mendukung penyiapan dukungan investasi di Sirkuit F1 bintan,” ujar Ansar.

Vular yang pada kesempatan itu bicara dengan GGM Bintan Resort Abdul Wahab melalui panggilan video kembali berpesan membuat sirkuit membutuhkan kerja sama banyak pihak.

“Harus bisa semua bekerja sama, karena mengadakan perlombaan internasionalnya, seperti ini membutuhkan kerja sama pemerintah swasta dan masyarakat” pesan Vular.

Diakhir pertemuan, Ansar diajak berkeliling meninjau sirkuit F1 Istanbul Park, di mana Ansar mengitari sirkuit kebanggaan masyarakat Turki ini.

Editor: Budi Adriansyah