TTG Nasional 2022: Kepri Raih Juara II Nasional Kategori Unggulan…

cMczone.com – Melalui proses yang cukup panjang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya berhasil mengantarkan temuan alat ‘Sistem Penyaring Air Kubangan Bekas Tambang Bauksit untuk Budidaya Ikan Teknologi Bioflok Ramah Lingkungan di Kota Batam’, menjadi juara II di ajang lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional untuk kategori Unggulan Tahun 2022.

Atas prestasi untuk temuan teknologi ini, Sujianto selaku inovator, didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD dan Dukcapil) Provinsi Kepri Misni, menerima Piagam Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, pada Pembukaan Gelar TTG Nasional ke XXIII Tahun 2022, bertempat di Ball Room, Aston Hotel, Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Rabu, 19 Oktober 2022.

Temuan Sujianto berupa ‘Sistem Penyaring Air Kubangan Bekas Tambang Bauksit untuk Budidaya Ikan Teknologi Bioflok Ramah Lingkungan di Kota Batam’ ini, awalnya merupakan utusan Kota Batam untuk Tingkat Provinsi Kepri.

Di Tingkat Provinsi Kepri, Sujianto berkompetisi dengan 18 nominator dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri pada Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kepri yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 Agustus 2022 dan berhasil mendapatkan juara pertama di Tingkat Kepri.

Selanjutnya, temuan Sujianto ini dimatangkan lagi melalui proses pembekalan, pembinaan dan pemantapan oleh Pemprov Kepri, guna mewakili Kepri untuk mengikuti lomba TTG Unggulan Tingkat Nasional Tahun 2022 di Cirebon.

Di Tingkat Nasional, alat TTG Unggulan hasil inovasi Sujianto ini berkompetisi dengan 16 utusan Provinsi se-Indonesia pada tanggal 19-23 September 2022, dan akhirnya berhasil mendapat juara II.

Baca Juga :   Lomba Inovasi TTG Kepri: Adi Prihantara Harap Inovasi Berlatar Belakang Pencarian Masyarakat

Kepri berada di urutan II, berada di bawah Provinsi Lampung yang mendapat juara I, dan Provinsi Kalimantan Utara, yang mendapatkan peringkat III. Selanjutnya Provinsi jawa Tengah mendapat juara harapan.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, bahwa Gelar TTG Nusantara merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil TTG, sekaligus ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di desa.

“Kita berharap, agar hasil dari lomba TTG di Tingkat Nasional ini dapat terus dibina di daerah masing-masing, untuk pengembangan usaha ekonomi masyarakat/UMKM dan BUMDesa, sehingga dapat berdampak lebih luas kepada pengembangan perekonomian masyarakat desa,” kata Abdul.

Baca Juga :   Hasan Hadiri Bimtek Pengelolaan Medsos: Bermedsos dengan Bijak dan Gunakan untuk Hal Positif

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, berkomitmen akan terus mendorong para inventor/inovator untuk menemukan teknologi baru, guna memudahkan masyarakat di wilayah desa/kelurahan.

Di samping itu, Pemprov ke depannya juga akan melakukan upaya pemanfaatan dan mereplikasi TTG sebagai TTG Unggulan, agar dapat memberikan nilai tambah dalam pemanfaatannya.

“Terkait pengembangan TTG, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal, karena akan dapat memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu produk dan membantu dalam mewujudkan usaha yang produktif dan efisien. Sehingga  dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara lebih luas di desa/kelurahan. Kita mengarak terus masyarakat untuk terus berinovasi, berkreasi dan berprestasi,” kata Ansar.

Editor: Budi Adriansyah